This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mushohchich, Addib (2016) Implementasi supervisi manajerial dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam di SMA Al-Islam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (174kB) | Preview |
Abstract
Dalam pendidikan selama ini guru menjadi titik kunci bagi keberhasilan dalam proses pembelajaran. Untuk mewujudkan mutu lembaga pendidikan yang berkualitas maka diperlukan usaha – usaha untuk mencapai hal tersebut diantaranya melalui supervisi manajerial.
Berangkat dari rumusan masalah penulis ingin mengetahui konsep bagaimana implementasi supervisi manajerial di SMA AL-ISLAM Sidoarjo, dan bagaimana supervisi manajerial dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan.
Untuk menjawab kedua permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus observasi, sedangkan informan dipilih dengan menggunakan teknik Snowball sampling, yaitu proses pencarian data dari informan satu bergulir ke informan yang lain atas saran informan sebelumnya sesuai dengan kebutuhan. Pengumpulan data di laksanakan dengan (1) wawancara (2) observasi (3) dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara: (1) penyajian data, (2) penarikan kesimpulan, sedangkan untuk mendapat keabsahan data dilakukan uji coba dengan cara (1) triangulasi sumber (2) triangulasi metode.
Adapun obyek yang peneliti pilih adalah SMA AL-ISLAM Krian Sidoarjo, karena SMA AL-ISLAM Krian Sidoarjo merupakan lembaga pendidikan favorit yang mempunyai prestasi dikawasan Sidoarjo. Bentuk implementasi supervisi dalam mencapai mutu yang diinginkan mencakup aspek penataan tenaga kependidikan meliputi menganalisis kebutuhan tentang tenaga kependidikan, perencanaan, perekrutan, dan penetapan tenaga pendidikan, pembinaan dan pengembangan tenaga pendidikan. Aspek kurikulum meliputi memantapkan kurikulum 2013, melengkapi kelengkapan administrasi, melaksanakan peningkatan evaluasi. Aspek penataan sarana prasarana meliputi mendistribusikan dan mendayagunakan sarana dan prasarana secara optimal, melakukan penyimpanan dan inventarisasi sarana dan prasarana. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengenai supervisi manajerial di SMA AL-ISLAM Krian Sidoarjo telah dilaksanakan secara optimal sehingga menghasilkan guru – guru yang bermutu dalam meningkatkan kualitas lembaga pendidikan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan Pendidikan Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | Addib Mushochich | ||||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2016 07:34 | ||||||||
Last Modified: | 17 Dec 2019 07:43 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5724 |
Actions (login required)
View Item |