This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Putra, Galang Pradaa Siswanto Putra (2022) Pengembangan deskripsi karakteristik respon peserta didik berdasarkan taksonomi Solo terhadap masalah penerapan konseptual matematika tingkat penerapan dengan jenis pengetahuan konseptual sesuai taksonomi Bloom revisi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Galang Pradana Siswanto Putra_D74218026.pdf Download (2MB) |
Abstract
Taksonomi merupakan salah satu cara untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dalam menghadapi masalah yang diberikan. Salah satu contoh taksonomi adalah Taksonomi Bloom Revisi dan Taksonomi SOLO. Taksonomi Bloom Revisi digunakan untuk mengklasifikasikan kemampuan kognitif menjadi 6 kategori dimensi proses kognitif yaitu mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Sedangakan Taksonomi SOLO merupakan taksonomi tujuan pembelajaran yang digunakan untuk mengetahui kemampuan dan kualitas respon peserta didik terhadap masalah yang diberikan. Taksonomi ini mengelompokkan tingkat kemampuan peserta didik pada 5 level yang berbeda dan bersifat hirarkis, yaitu level 0 Prastruktural, level 1 Unistruktural, level 2 Multistruktural, level 3 Relasional, dan level 4 Extended Abstract. Dengan adanya perbedaan peran pada taksonomi di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk menggabungkan antara Taksonomi Bloom Revisi dan Taksonomi SOLO sehingga menjadi tiga dimensi yaitu dimensi proses kognitif, dimensi jenis pengetahuan, dan tingkat kemampuan peserta didik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Surabaya. Pemilihan subjek penelitian ini sesuai dengan kriteria tertentu yang mengacu pada karakteristik respon peserta didik berdasarkan Taksonomi SOLO terhadap masalah matematika tingkat ‘Penerapan’ dengan jenis pengetahuan konseptual sesuai Taksonomi Bloom Revisi yang valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data tugas penyelesaian masalah dan analisis data wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik respon peserta didik berdasarkan Taksonomi SOLO terhadap masalah matematika tingkat ‘Penerapan’ dengan jenis pengetahuan konseptual sesuai taksonomi bloom revisi (C3,K2,Sk) yang valid dan reliabel adalah sebagai berikut: (1) Dapat menggunakan satu konsep penyelesaian masalah matematika tingkat‘Penerapan’ dengan jenis pengetahuan konseptual sesuai Taksonomi Bloom Revisi (C3,K2,S1); (2) Dapat menggunakanlebih dari satu konsep penyelesaian masalah matematika tingkat‘Penerapan’ dengan jenis pengetahuan konseptual sesuai Taksonomi Bloom Revisi (C3,K2,S2); (3) Dapat menggunakanlebih dari satu konsep penyelesaian masalah matematika tingkat ‘Penerapan’ dengan jenis pengetahuan konseptual sesuai Taksonomi Bloom Revisi dan dapat menjelaskan keterkaitan antara satu konsep dengan konsep lain (C3,K2,S3); (3) Dapat menggunakan lebih dari satu konsep penyelesaian masalah matematika tingkat ‘Penerapan’ dengan jenis pengetahuan konseptual sesuai Taksonomi Bloom Revisi, dapat menjelaskan keterkaitan antara satu konsep dengan konsep lain, serta dapat membuat generalisasi dari hasil yang diperoleh (C3,K2,S4).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Anak Matematika |
||||||||||||
Keywords: | Karakteristik respon; taksonomi SOLO; masalah matematika tingkat penerapan; taksonomi Bloom Revisi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Galang Putra | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2022 03:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Oct 2022 03:25 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57259 |
Actions (login required)
View Item |