This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Holilurrohman, Moch (2016) Problematika Pembelajaran Aqidah Akhlak dan Upaya Mengatasinya di MTs Taswirul Afkar Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (17MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (873kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Apa saja problem pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Taswirul Afkar Surabaya, (2) Bagaimana Upaya mengatasi problem pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Taswirul Afkar Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer atau utama yakni guru mata pelajaran Aqidah Akhlak MTs Taswirul Afkar Surabaya dan sumber data sekunder atau pendukung yakni data yang mendukung terhadap data primer seperti siswa dan pihak sekolah. Adapun mengenai pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi berperan serta, interview atau wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah : (1) Problematika pembelajaran Aqidah Akhlak terdapat pada materi yang sulit dipahami siswa, kurangnya minat belajar siswa, metode pembelajaran yang kurang menyenangkan bagi siswa, penerapan materi dan lingkungan yang memiliki pengaruh buruk terhadap siswa. Problematika tersebut muncul dikarenakan materi Aqidah Akhlak yang lebih membutuhkan pendalaman lebih lanjut dan tidak mampu dijangkau hanya dengan akal dan pancaindera saja seperti materi iman kepada Allah, malaikat dan hari akhir. Dengan demikian minat belajar siswa menjadi kurang dan metode pembelajaran menjadi tidak menyenangkan dan berdampak pada penerapan materi seperti melalaikan perintah ibadah. Begitu pula pengaruh lingkungan sekitar yang tidak mendukung untuk penerapan perilaku terpuji dan menghindari akhlak tercela, (2) Upaya yang dilakukan terkait faktor materi adalah dengan memahami karakteristik siswa yang membutuhkan pendalaman lebih lanjut dan membatasi pengetahuan tentang iman kepada Allah dengan membahas ciptaan Allah. Adapun mengenai minat belajar, upaya memberikan motivasi belajar terus dilakukan. Mengenai metode pembelajaran, guru menyesuaikan dengan kondisi siswa. Terkait dengan penerapan materi, guru terus memantau perkembangan ibadah siswa. Adapun mengenai pengaruh lingkungan, guru terus memberi nasihat terhadap siswa agar menjauhi lingkungan yang memiliki pengaruh buruk.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Moch Holilurrohman | ||||||||
Date Deposited: | 14 Apr 2016 04:41 | ||||||||
Last Modified: | 11 Dec 2019 06:23 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5739 |
Actions (login required)
View Item |