Pengaruh penerapan metode two stay two stray terhadap peningkatan komunikasi matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Uswatun (2022) Pengaruh penerapan metode two stay two stray terhadap peningkatan komunikasi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uswatun Khasanah_D74218041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis adalah suatu kegiatan yang melibatkan peserta didik untuk menyimak, mengamati, menerapkan, mendemonstrasikan dengan memakai bahasa simbol-simbol matematika untuk mengkomunikasikan ide-ide matematika. Apabila siswa mempunyai kemampuan komunikasi tentunya akan membawa siswa pada pemahaman matematika yang mendalam tentang konsep matematika, dengan demikian komunikasi matematika sangat penting baik secara tertulis maupun secara lisan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimental bentuk One-Shot Case study dengan teknik analisa data kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kutorejo, Mojokerto. Sampel penelitian yakni 16 siswa kelas VIII yang dipilih secara acak atau random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknis tes dan teknik observasi. Teknik tes menggunakan hasil tes individu siswa yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa secara tertulis. Teknik observasi menggunakan lembar observasi yang telah disiapkan dan pengisiannya dibantu oleh observer untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan. Hasil penelitian menunjukkan sebelum diterapkan metode Two Stay Two Stray, siswa memperoleh nilai rata-rata komunikasi matematis sebesar 60,56. Hasil penelitian sesudah menerapkan metode Two Stay Two Stray, siswa memperoleh nilai rata-rata komunikasi matematis sebesar 89. Komunikasi matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode Two Stay Two Stray, memperoleh hasil nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada komunikasi matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode Two Stay Two Stray. Jadi dapat ditarik kesimpulan dari adanya perbedaan yang signifikan pada komunikasi matematis sebelum dan sesudah diterapkan metode Two Stay Two Stray, yaitu metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa. Kemampuan komunikasi matematis adalah suatu kegiatan yang melibatkan peserta didik untuk menyimak, mengamati, menerapkan, mendemonstrasikan dengan memakai bahasa simbol-simbol matematika untuk mengkomunikasikan ide-ide matematika. Apabila siswa mempunyai kemampuan komunikasi tentunya akan membawa siswa pada pemahaman matematika yang mendalam tentang konsep matematika, dengan demikian komunikasi matematika sangat penting baik secara tertulis maupun secara lisan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimental bentuk One-Shot Case study dengan teknik analisa data kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kutorejo, Mojokerto. Sampel penelitian yakni 16 siswa kelas VIII yang dipilih secara acak atau random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknis tes dan teknik observasi. Teknik tes menggunakan hasil tes individu siswa yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa secara tertulis. Teknik observasi menggunakan lembar observasi yang telah disiapkan dan pengisiannya dibantu oleh observer untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan. Hasil penelitian menunjukkan sebelum diterapkan metode Two Stay Two Stray, siswa memperoleh nilai rata-rata komunikasi matematis sebesar 60,56. Hasil penelitian sesudah menerapkan metode Two Stay Two Stray, siswa memperoleh nilai rata-rata komunikasi matematis sebesar 89. Komunikasi matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode Two Stay Two Stray, memperoleh hasil nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada komunikasi matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode Two Stay Two Stray. Jadi dapat ditarik kesimpulan dari adanya perbedaan yang signifikan pada komunikasi matematis sebelum dan sesudah diterapkan metode Two Stay Two Stray, yaitu metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Uswatunussy.alfaa00@gmail.comD74218041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Komunikasi
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Two stay two stray; komunikasi matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Uswatun Khasanah
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:32
Last Modified: 27 Oct 2022 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57576

Actions (login required)

View Item View Item