This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Amalyaningsih, Rela (2022) Analisis implementasi kecakapan abad 21 dalam pembelajaran IPA di MTs pada materi bioteknologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Rela Amalyaningsih_D0A218019.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan era abad 21 yang perlu diimbangi dengan kecakapan abad 21, peserta didik tidak hanya membutuhkan pengetahuan konseptual, melainkan juga kecakapan yang berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Selain itu peserta didik jenjang sekolah menengah masih lemah dalam kemampuan berpikir kritis juga kreatif dalam memecahkan masalah, hal tersebut dilihat dari data hasil pencapaian PISA peringkat 70, TIMSS peringkat 40 dan UNBK memiliki nilai 53,18 dari 100. Paradigma pendidikan abad 21 menekankan pada peserta didik untuk memiliki kemampuan kecakapan abad 21 yang meliputi kolaborasi, berpikir kritis, kreatif serta komunikasi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif analitik. Tujuan dari penelitian ini, untuk menganalisis implementasi kecakapan abad 21 dalam pembelajaran IPA di MTs pada materi bioteknologi. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini adalah implementasi kecakapan abad 21 yang meliputi, RPP, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 2 Sidoarjo dan MTs Negeri 3 Sidoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pendidik telah menuangkan semua aspek kecakapan abad 21 4C pada RPP, hasil bahwa RPP yang digunakan pada materi bioteknologi tertuang aspek kecakapan abad 21 terkait komunikasi, berpikir kritis,kolaborasi 100% dan terkait kreativitas 66,7%. 2) pendidik telah mengimplementasikan kecakapan 4C pada saat pelaksanaan pembelajaran hasil yang teramati aspek kolaborasi 85,9%, kreativitas 43,7%, berfikir kritis 78% dan komunikasi 100%. 3) pada penilaian hasil belajar, penilaian sikap kecakapan abad 21 yang yang teramati adalah kecakapan kolaborasi dan komunikasi 100%, pada penilaian pengetahuan yang teramati hanya kecakapan berpikir kritis 75% dan pada penilaian keterampilan teramati semua aspek kecakapan abad 21 dilaksanakan, terkait berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi 100% dan kreativitas 66,7%. Implementasi kecakapan abad 21 sudah diterapkan di mata pelajaran IPA pada materi bioteknologi. Kecakapan abad 21 sudah dituangkan pada RPP, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil belajar. Implementasi ini memberikan dampak positif bagi pendidik maupun peserta didik yang terlibat saat implementasi kecakapan abad 21.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Peran Guru Pendidikan > Kurikulum Pendidikan > Profesionalisme Guru |
||||||||||||
Keywords: | Kecakapan Abad 21; implementasi kecakapan abad 21; materi bioteknologi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Rela Amalyaningsih | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Oct 2022 08:57 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Oct 2022 08:57 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57613 |
Actions (login required)
View Item |