Strategi Guru dalam Mengembangkan Ranah Psikomotorik Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Bahauddin Sepanjang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahma, Widya (2016) Strategi Guru dalam Mengembangkan Ranah Psikomotorik Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Bahauddin Sepanjang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berusaha mendiskripsikan tentang strategi guru dalam mengembangkan ranah psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA Bahauddin Sepanjang Sidoarjo.
Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah, yaitu Bagaimana implementasi strategi pembelajaran guru dalam mengembangkan ranah psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA Bahauddin Sepanjang Sidoarjo dan Apakah strategi yang diterapkan oleh guru bisa mengembangkan ranah psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA Bahauddin Sepanjang Sidoarjo.
Penelitian ini dilaksanakan di MA Bahauddin Sepanjang Sidoarjo, dengan bentuk penelitian kualitatif deskriptif, dengan populasi yang berjumlah 40 siswa. Meskipun penelitian ini deskriptif, penulis tetap menggunakan metode untuk memperoleh data yang diteliti. Diantaranya, yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa data yang terkumpul digunakan teknik kuantitatif (data yang berbentuk angka) dengan rumus prosentase.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwa, implementasi strategi inkuiri sosial yang diterapkan oleh guru fiqih sudah sesuai dan berjalan dengan baik, sehingga peserta didik bisa mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Dengan adanya strategi yang sudah diterapkan oleh guru fiqih tersebut diharapkan dapat mengembangkan ranah psikomotorik peserta didik dengan trampil dalam praktik penyembelihan hewan kurban. Selain itu, agar terjalin hubungan yang harmonis antara peserta didik, guru, dan lingkungan sekolah.
Strategi yang digunakan guru fiqih dalam mengembangkan ranah psikomotorik peserta didik sudah terbilang baik, karena nilai rata-ratanya adalah 63.5% yang berada antara 61% - 80%. Hal ini berdasarkan dari pengamatan hasil observasi yang berupa skor nilai praktikum peserta didik di MA Bahauddin Sepanjang Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahma, Widya-D31212116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Widya Rahma
Date Deposited: 13 Apr 2016 07:48
Last Modified: 27 Feb 2020 01:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5773

Actions (login required)

View Item View Item