This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hakim, Dzikrul (2016) Tahsiin Ta'liim Maharah Al Kalam Bi Al Madkhal Al 'Ilmy; Bahts Ijra'y Fi Al Madrasah Al Tsaanawiyyah Al Islamiyyah Daar Al Salaam Sengon Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (798kB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (913kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (502kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang perbaikan pembelajaran keterampilan berbicara dengan pendekatan saintifik. Pembelajaran saintifik merupakan pembelajaran yang mengadopsi langkah-langkah saintis dalam membangun pengetahuan melalui metode ilmiah.. Pendekatan ini menekankan pada proses pencarian pengetahuan, berkenaan dengan materi pembelajaran melalui berbagai kegiatan, yaitu: mengamati, menanya, mengeksplor, mengasosiasi, mengkomunikasikan. Berdasarkan hasil observasi, bahwa proses pembelajaran keterampilan berbicara di MA Darussalam Sengon Jombang belum berjalan berdasarkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan yaitu mampu mengungkapkan gagasan mengenai isi tema hiwar secara lisan. Karena terdapat beberapa siswa merasa takut salah untuk mengungkapkan dikarenakan sedikitnya motifasi siswa dalam belajar berbicara sehinga mempengaruhi pemahaman siswa dalam belajar keterampilaan berbicara menjadi lemah. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik agar siswa dapat termotifasi dan lebih aktif dalam pembelajaran keterampilan berbicara sehingga dapat memahami isi hiwar dan dapat mengungkapkannyadengan baik. Penulis melakukan penelitian dengan jenis (PTK) yang meliputi 4 langkah : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara dan lembar angket.
Hasil yang dicapai setelah menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran keterampilan berbicara adalah sebagai berikut: proses pembelajaran keterampilan berbicara menjadi menyenangkan serta memotivasi siswa dalam belajar dan keterampilan berbicara siswa membaik pada siklus 1 dan 2. Hal itu dapat dilihat dari nilai pada siklus 1, siswa mencapai nilai”cukup” dengan nilai terendah”kurang” dan nilai tertinggi”baik”. Dan nilai pada siklus 2, siswa mencapai nilai”baik” dengan nilai terendah”cukup” dan nilai tertinggi “baik sekali”.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan |
||||||||
Keywords: | Pendekatan Saintifik; Pembelajaran Keterampilan Berbicara | ||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | hakim dzikrul | ||||||||
Date Deposited: | 03 May 2016 00:15 | ||||||||
Last Modified: | 13 Nov 2019 03:52 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5782 |
Actions (login required)
View Item |