This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Tsaniyah, Fadhila Rahma (2022) Evaluasi program remedial mata pelajaran matematika menggunakan model countenance di MTs Negeri 2 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Fadhila Rahma Tsaniyah_D74217041.pdf Download (7MB) |
Abstract
Pentingnya dilakukan evaluasi terhadap program remedial adalah untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan program remedial, sehingga dapat ditentukan pembenahan, perbaikan, dan kebijakan lanjutan pada pelaksanaan program remedial di masa berikutnya. Model evaluasi yang dipilih ialah model countenance karena mampu mendeskripsikan program secara detail, baik dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, maupun tahap hasil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan (antecedents), pelaksanaan (transactions), dan hasil (outcomes), serta kesesuaian antara antecedents, transactions, dan outcomes dari program remedial mata pelajaran matematika di MTs Negeri 2 Surabaya baik secara logis maupun empiris. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang diambil adalah WAKA kurikulum, guru mata pelajaran matematika kelas IX-I, serta peserta didik kelas IX-I yang mengikuti evaluasi program remedial. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan 4 teknik, yaitu: 1) dokumentasi untuk mengetahui data antecedents, transactions, dan outcomes, 2) wawancara untuk mengetahui data antecedents dan outcomes, 3) observasi untuk mengetahui data transactions dan 4) angket untuk mengetahui data transactions. Setelah diperoleh data penelitian, dilakukan analisis data yang disesuaikan dengan langkah-langkah evaluasi model countenance, yaitu pengumpulan data, analisis data secara contingency dan congruence, serta penilaian (judgements). Berdasarkan analisis data dan pembahasan maka diperoleh kesimpulan bahwa perencanaan (antecedents) dari program remedial mata pelajaran matematika di MTs Negeri 2 Surabaya telah terdapat juknis penyusunan program remedial; silabus dan RPP tersusun dengan baik dan sangat baik, namun RPP tidak menerapkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada peserta didik; serta penyusunan RPP program remedial yang tidak memuat komponen inti. Pelaksanaan (transactions) dari program remedial mata pelajaran matematika di MTs Negeri 2 Surabaya kegiatan pembelajaran dilakukan dengan cukup baik; pemilihan metode pembelajaran remedial dilakukan dan diberikan dengan sangat baik; kisi-kisi dan instrumen penilaian telah disusun dengan sangat baik; serta aktivitas peserta didik dinilai baik dan peserta didik menilai program remedial telah terlaksana dengan baik. Hasil (outcomes) dari program remedial mata pelajaran matematika di MTs Negeri 2 Surabaya menunjukkan bahwa 100% peserta didik mengalami peningkatan nilai, namun 13% peserta didik masih belum mencapai KKM. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian antara tahap antecedents, transactions, maupun outcomes baik secara logis ataupun empiris.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika | ||||||||||||
Keywords: | Remedial; evaluasi countenance; matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Fadhila Tsaniyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2023 04:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Jan 2023 04:00 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58218 |
Actions (login required)
View Item |