This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Islam, Muhammad Syaiful (2022) Dukungan sosial,kesejahteraan psikologis dan loneliness pada mahasiswa Di masa Endemi Covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Muhammad Syaiful Islam_J71218053.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kajian mengenai loneliness menjadi pembahasan yang banyak bermunculan seiring dengan terjadinya bencana pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap loneliness pada mahasiswa yang dimediasi oleh variabel kesejahteraan psikologis. Rancangan penelitian menggunakan kuantitatif korelasional dengan melibatkan 250 mahasiswa yang ada di Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling. Ada tiga instrumen dalam penelitian ini yaitu UCLA V3 Loneliness Scale, Sarafino’s Sosial Suppport Scale dan Ryff’s Psychological Well-Being Scale. Data dianalisis dengan uji analisis jalur serta menggunakan Sobel test untuk melihat pengaruh langsung dan tidak langsung variable dukungan sosial terhadap loneliness. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap loneliness. Secara tidak langsung kesejahteraan psikologis memediasi pengaruh dukungan sosial terhadap loneliness yang dimiliki mahasiswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Bimbingan Belajar Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran Psikologi Belajar |
||||||||
Keywords: | Dukungan Sosial; Kesejahteraan Psikologis; loneliness | ||||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi | ||||||||
Depositing User: | Syaiful Islam | ||||||||
Date Deposited: | 17 Nov 2022 07:15 | ||||||||
Last Modified: | 17 Nov 2022 07:15 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58247 |
Actions (login required)
View Item |