This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Izzul'khaq, M. Amril (2022) Pengaruh pemahaman akidah akhlak terhadap perilaku prososial siswa kelas IX di MTSn Roudlotul Banat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
M. Amril Izzul'khaq_D01218028.pdf Download (14MB) |
Abstract
Perilaku prososial merupakan bagian dari perilaku sosial yang telah ditanamkan sejak dini pada setiap individu manusia. Perilaku prososial meliputi, tolong menolong, berderma, kerja sama, berbagi, bertindak jujur, dan persahabatan. Perilaku prososial dalam akidah akhlak termuat pada materi tentang akhlak mahmudah, seperti tolong menolong, saling berbagi, dermawan, jujur, bekerja sama, dan menjalin persahabatan. Akidah akhlak merupakan pembelajaran agama Islam yang berperan memberikan pengertian kepada siswa terkait akhlakul karimah dan adab-adab Islami. Hal ini menunjukkan segala hal yang berhubungan dengan perilaku prososial dapat diperoleh siswa dari pemahaman akidah akhlak yang telah disampaikan guru selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan data terkait: 1) Pemahaman Akidah Akhlak siswa kelas IX di MTs Roudlotul Banat. 2) Perilaku Prososial siwa kelas IX di MTs Roudlotul Banat. 3) Pengaruh Pemahaman Akidah Akhlak terhadap Perilaku Prososial siswa kelas IX di MTs Roudlotul Banat Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yaitu suatu pendekatan yang menekankan pada angka dan data yang kemudian diolah dengan hitungan statistika guna memperoleh hasil yang akurat. Jumlah populasi siswa kelas IX di MTs Roudlotul Banat sejumlah 98 siswa sehingga teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini population sampling atau pengambilan sampling secara keseluruhan populasi yang ada. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini ialah, Tes, Angket dan Wawancara. Analisis data dalam skripsi ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman akidah akhlak siswa kelas IX MTs Roudlotul Banat memperoleh nilai prosentase pada kategori tinggi sebanyak 55,1%. 2) Tingkat perilaku prososial siswa kelas IX di MTs Roudlotul Banat memperoleh nilai sejumlah 85,3 % dan termasuk dalam kriteria interval berkategori tinggi 75%-100%. 3) Pengaruh pemahaman akidah akhlak terhadap perilaku prososial siswa didapatkan dari hasil analisis regresi linier sederhana didapatkan nilai signifikasnsi sebesar 0,830 > 0,05 dan nilai thitung < ttabel yaitu 0,215 < 1,98498, sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahman akidah akhlak terhadap perilaku prososial siswa kelas IX di MTs Roudlotul Banat. Nilai koefisien determinan R Square sebesar 0,002 atau jika diprosentasekan menjadi 0,2%. Maka besar pengaruh pemahaman akidah akhlak terhadap perilaku prososial siswa kelas IX di MTs Roudlotul Banat sebesar 0,2% dan 99,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Akhlak > Akhlak Mulia Pendidikan Islam Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
Keywords: | pemahaman akidah akhlak; perilaku prososial | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | M. Amril Izzul'khaq | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2022 03:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Nov 2022 02:24 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58290 |
Actions (login required)
View Item |