This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ariadi, Afrah Nabilah (2022) Peran pemasaran pembiayaan dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan murabahah (KPR) di Bank Jatim Syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Afrah Nabilah Ariadi_G74218066.pdf Download (5MB) |
Abstract
Perkembangan pesat perbankan syariah terjadi saat diresmikannya undang-undang nomor 21 tahun 2008 tentang perbankan syariah. Munculnya landasan hukum yang memadai mempercepat progres pertumbuhan bank syariah di Indonesia. Perkembangan pesat perbankan syariah di tanah air menandakan naiknya tingkat persaingan bank syariah di Indonesia dalam kurun waktu singkat. Pada tahun 2019 Bank Jatim Syariah menggenjot potensi dari pembiayaan pemilikan rumah (PPR) syariah yang dalam pelaksanaannya bank jatim syariah (UUS). Pembiayaan KPR yang terdiri dari KPR Umum dan Fasilitas Likuiditas Pembiayaaan Perumahan (FLPP) merupakan pembiayaan dengan jumlah tertinggi dan selalu mengalami peningkatan dari 6 tahun terakhir. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi peran pemasaran pembiyaaan dan strategi pemasaran Bank Jatim Syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah KPR. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Teknik analisis data penyajian data, tahap perbandingan, dan penyajian hasil penelitian. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peran pemasaran pembiayaan Bank Jatim Syariah berperan (1) sebanyak 62.5% dalam meningkatkan jumlah nasabah KPR, (2) sebanyak 37.5% jumlah nasabah naik dikarenakan rekomendasi dan walk in, (3) strategi pemasaran 7P telah diterapkan dengan baik. Penelitian ini memberikan saran kepada pemasaran pembiayaan Bank Jatim Syariah agar menciptakan kemasan produk baru agar meningkatkan daya tariknya dengan memiliki keunikan tersendiri. Kemasan yang dimaksud seperti kartu yang terdapat barcode yang di dalamnya berisi seluruh informasi terkait produk KPR yang diambilnya seperti sisa outstandingnya berapa, apakah pembayarannya telah dikonfirmasi, dan lainnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ekonomi Pemasaran |
||||||||
Keywords: | pemaran pembiayaan; strategi pemasaran; KPR | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Afrah Nabilah Ariadi | ||||||||
Date Deposited: | 29 Nov 2022 03:48 | ||||||||
Last Modified: | 29 Nov 2022 03:49 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58419 |
Actions (login required)
View Item |