PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PERKEMBANGBIAKAN GENERATIF PADA TUMBUHAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG BAGI SISWA KELAS VI MI H.HASAN AL HASYIM SAMBIKEREP SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmawati, Anis (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PERKEMBANGBIAKAN GENERATIF PADA TUMBUHAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG BAGI SISWA KELAS VI MI H.HASAN AL HASYIM SAMBIKEREP SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya hasil pemahaman siswa terhadap materi perkembangbiakan generative pada tumbuhan pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hasil pemahaman yang rendah memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran bagi pelaku pendidikan. Untuk meningkatkan pemahaman pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi perkembangbiakan generative pada tumbuhan, diambil tindakan pembelajaran melalui Strategi pembelajaran langsung.
Rumusan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan Strategi pembelajaran langsung pada siswa kelas VI MI Hasan al hasyim Surabaya? (2) Bagaimana peningkatan kemampuan siswa dengan strategi pembelajaran langsung dalam memahami perkembangbiakan generative pada tumbuhan di kelas VI MI H.Hasan al hasyim sambikerep Surabaya?
Model penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewwin yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dilakukan dengan teknik observasi adalah dengan panduan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, pada tes adalah butir-butir soal tes, dan pada dokumentasi berupa hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini dapat diperoleh sebagai berikut: (1) Penerapan Strategi pembelajaran langsung pada siswa kelas VI MI Hasan al hasyin sambikerep Surabaya telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 73,91 (cukup baik) sedangkan siklus II menjadi 86,95% (baik). Dan hasil observasi terhadap aktifitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 71,05% (cukup baik) sedangkan siklus II menjadi 90,78% (sangat baik). (2) Terdapat peningkatan pemahaman siswa dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi perkembangbiakan generative pada tumbuhan bagi siswa kelas VI MI Hasan al hasyim sambikerep Surabaya. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai pemahaman konsep pada setiap siklusnya dari siklus I yaitu 67,25 menjadi 87,5 pada siklus II, serta persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 75% jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 95% jumlah siswa tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Baihaqi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmawati, AnisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendekatan
Keywords: Kemampuan Memahami; Perkembangbiakan Generative Tumbuhan; Strategi Pembelajaran Langsung
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2015 01:49
Last Modified: 11 Feb 2015 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item View Item