This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fikriyah, Durrotul (2016) IMPLEMENTASI HURUF BRAILLE DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA SISWA TUNANETRA DI KELAS VII SMPLB/ A YPAB SURABAYA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA.
|
Text
Cover.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (723kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (537kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan yang pertama untuk mengetahui implementasi huruf braille dalam pembelajaran al-qur’an pada siswa tunanetra di kelas VII SMPLB/ A YPAB Surabaya. Kemudian yang kedua untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an melalui implementasi huruf braille dalam pembelajaran Al-Qur’an pada siswa tunanetra di kelas VII SMPLB/ A YPAB Surabaya.
Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data interview atau wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskripsi, reduksi, interpretasi (penafsiran), dan verifikasi (penarikan kesimpulan).
Implementasi huruf braille dalam pembelajaran Al-Qur’an pada siswa tunanetra di kelas VII SMPLB/ A YPAB Surabaya tergolong aktif dan menyenangkan. Karena didalam pembelajaran guru senantiasa menciptakan suasana yang menyenangkan dengan berbagai ide baru dalam metode pengajarannya, sehingga siswa tidak jenuh dan mudah menerima pembelajaran dengan baik. Serta siswa yang selalu aktif dalam proses belajar.
Kemudian kemampuan membaca Al-Qur’an melalui implementasi huruf braille dalam pembelajaran Al-Qur’an pada siswa tunanetra di kelas VII SMPLB/ A YPAB Surabaya terbilang meningkat. Karena dari 7 siswa yang belajar Al-Qur’an braille terdapat 2 siswa mempunyai kemampuan awal sangat baik yang tetat bertahan dengan kemampuan sangat baik, 1 siswa mempunyai kemampuan awal baik yang meningkat menjadi kemapuan yang sangat baik, 1 siswa mempunyai kemampuan awal cukup yang meningkat menjadi kemapuan yang baik, dan 3 siswa mempunyai kemampuan awal kurang meningkat menjadi kemapuan yang cukup. Jadi proses pembelajaran Al-Qur’an braille pada siswa tunanetra di kelas VII SMPLB/ A YPAB Surabaya termasuk berhasil karena kemampuan siswa yang meningkat dari kemampuan awal setelah adanya pembelajaran didalam kelas.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem Al Qur'an |
||||||
Keywords: | Huruf Braille; Pembelajaran Al-Qur’an; Tunanetra | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | FIKRIYAH DURROTUL | ||||||
Date Deposited: | 23 Apr 2016 01:12 | ||||||
Last Modified: | 23 Apr 2016 01:12 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5919 |
Actions (login required)
View Item |