Pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berbasis google sites untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara pada siswa kelas VI MIS Raudlatul Mubtadiin Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taufik, Taufik (2022) Pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berbasis google sites untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara pada siswa kelas VI MIS Raudlatul Mubtadiin Sampang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Taufik_02041020016 OK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Lemahnya keterampilan menyimak dan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Arab tidak lepas dari proses pembelajaran yang monoton. Kondisi ini karena kurangnya kreatifitas guru dalam memanfaatkan media yang tepat dan efektif. Kondisi karakter belajar siswa pasca pandemi turut mempengaruhi, dimana siswa mulai lebih tertarik belajar dengan media berbasis ICT khususnya smartphone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan desain media pembelajaran bahasa arab berbasis google sites, menguji kelayakan, mendeskripsikan implementasinya dan mendeskripsikan efektivitas media berbasis google sites tersebut yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan model ADDIE. Dimana model ini memiliki 5 tahapan yakni analisis, desain, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Sedangkan subjek penelitian ini adalah 14 siswa kelas VI MIS Raudlatul Mubtadiin Sampang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul di analisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, validitas, kelayakan dan analisis keefektivan. Hasil penelitian ini adalah 1) Desain media pembelajaran yang dihasilkan berupa halaman web google sites yang di akes melalui link dan bisa digunakan dimanapun dan kapanpun selama terhubung dengan internet. 2) Kelayakan desain media yang telah dikembangkan mendapat kategori valid dan sangat layak diterapkan dari ahli media dan materi. 3) Implementasi dari media tersebut juga termasuk pada kategori sangat baik berdasarkan hasil observasi kegiatan guru dan siswa serta angket respon siswa. 4) Berdasarkan hasil peningkatan keterampilan menyimak dan berbicara serta uji efektivitas menggunakan teknik paired sample t-test dan independent sample t-tes menunjukkan bahwa media berbasis google sites efektif diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taufik, Taufikraraaav100@gmail.com02041020016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com2007017001
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Bahasa Arab
Keterampilan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengembangan; media pembelajaran Bahasa Arab; google sites; keterampilan menyimak dan berbicara
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Taufik Taufik
Date Deposited: 02 Mar 2023 05:57
Last Modified: 02 Mar 2023 05:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59277

Actions (login required)

View Item View Item