This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Latif, Abd. (2014) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR INDUKTIF MELALUI PENERAPAN PAKEM IPA BERBASIS PEMROSESAN INFORMASI PADA SISWA KELAS VI MI AT-TAUFIQ LAKARSANTRI SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (130kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dengan fokus peningkatan keterampilan berpikir induktif melalui model pembelajaran PAKEM IPA berbasis pemprosesan informasi yang berupa berpikir induktif ini adalah penelitian yang dilakukan di kelas VI MI At-taufiq Lakarsantri Surabaya.Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini berdasarkan permasalahan (a) Bagaimana penerapan PAKAM IPA berbasis pemprosesan informasi dikelas VI MI At-taufiq Lakarsantri Surabaya.(b) Bagaimana peningkatan ketrampilan berpikir induktif siswa kelas VI MI At-taufiq Lakarsantri Surabaya, tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berpikir induktif malaui menerapkan model pembelajaran PAKEM IPA berpikir induktif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdapat beberapa tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data keberhasilan penerapan PAKEM berpikir induktif, data aktivitas siswa, respon siswa dan data berpikir induktif. Cara pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis untuk keberhasilan keterampilan berpikir induktif, sedangkan untuk Data – data dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran berpikir induktif dapat meningkatkan keterampilan berpikir induktif siswa Kelas VI MI At-taufiq Lakarsantri Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase keterampilan berpikir induktif pada siklus I yang sebesar 78. % meningkat menjadi 88% pada siklus II, sehingga terjadi peningkatan sebesar 10%. Demikian juga dengan aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan, aktivitas guru pada siklus I sebesar 81% meningkat menjadi 100%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 81% meningkat menjadi 100% pada siklus II.Menunjukkan bahwa model pembelajaran berpikir induktif dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Munawir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Pendidikan Materi |
||||||
Keywords: | Ketrampilan Berpikir Induktif; Model Pembelajaran PAKEM IPA | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2015 02:13 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2015 02:13 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/595 |
Actions (login required)
View Item |