This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Putri, Haralina Dyah Farhani Sudjono (2023) فعالية تطبيق الوسيلة التعليمية “Arab Fun Easy Learn - 5000 Frase” لترقية مهارة الاستماع لطلاب الصف الحادي عشر في المدرسة العالية الإسلامية الحكومية سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Haralina Dyah Farhani Sudjono Putri_D92218061 OK.pdf Download (548kB) |
|
Text
Haralina Dyah Farhani Sudjono Putri_D92218061 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 30 December 2026. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan oleh peneliti terkait proses pembelajaran bahasa arab pada kelas XI Ipa 1 di MAN Sidoarjo. Diantaranya, beberapa siswa merasa kesulitan untuk menerima dan memahami perkataan dari lawan bicara, merasa bosan saat kegiatan pembelajaran bahasa arab berlangsung karena mereka merasa kesulitan dalam belajar bahasa arab terutama dalam keterampilan istima’. Hal tersebut disebabkan siswa yang kurang menguasai perbendaharaan kata dalam bahasa Arab, kurangnya pembiasaan siswa mendengarkan audio berbahasa Arab serta guru kurang memaksimalkan penggunaan media pembelajaran yang menarik serta terlalu sering menggunakan media buku saja. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media pembelajaran Arab Fun Easy Learn – 5000 Frase untuk meningkatkan maharah istima’.Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan maharah istima’ kelas XI Ipa 1 di MAN Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran Arab Fun Easy Learn – 5000 Frase dalam meningkatkan maharah istima’ pada siswa kelas XI Ipa 1 di MAN Sidoarjo. 3) Untuk mengetahui efektivitas penerapan media pembelajaran Arab Fun Easy Learn – 5000 Frase dalam meningkatkan maharah istima’ pada siswa kelas XI Ipa 1 di MAN Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan uji “t-test”. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 37 siswa kelas XI Ipa 1 di MAN Sidoarjo. Hasil dari analisis diperoleh > | 1,688 < 9,399 > 2,434 karena lebih besar dari maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa adanya efektivitas penerapan media pembelajaran Arab Fun Easy Learn – 5000 Frase dalam meningkatkan maharah istima’ pada siswa kelas XI Ipa 1 di MAN Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahan Pustaka | ||||||||||||
Keywords: | Media Pembelajaran Arab Fun Easy Learn – 5000 Frase; Keterampilan Mendengar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Haralina Dyah Farhani Sudjono Putri | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Jan 2024 13:05 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Jan 2024 13:05 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59584 |
Actions (login required)
View Item |