فعالية تطبيق الوسيلة التعليمية “Arab Fun Easy Learn - 5000 Frase” لترقية مهارة الاستماع لطلاب الصف الحادي عشر في المدرسة العالية الإسلامية الحكومية سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Haralina Dyah Farhani Sudjono (2023) فعالية تطبيق الوسيلة التعليمية “Arab Fun Easy Learn - 5000 Frase” لترقية مهارة الاستماع لطلاب الصف الحادي عشر في المدرسة العالية الإسلامية الحكومية سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Haralina Dyah Farhani Sudjono Putri_D92218061 OK.pdf

Download (548kB)
[img] Text
Haralina Dyah Farhani Sudjono Putri_D92218061 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 December 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan oleh peneliti terkait proses pembelajaran bahasa arab pada kelas XI Ipa 1 di MAN Sidoarjo. Diantaranya, beberapa siswa merasa kesulitan untuk menerima dan memahami perkataan dari lawan bicara, merasa bosan saat kegiatan pembelajaran bahasa arab berlangsung karena mereka merasa kesulitan dalam belajar bahasa arab terutama dalam keterampilan istima’. Hal tersebut disebabkan siswa yang kurang menguasai perbendaharaan kata dalam bahasa Arab, kurangnya pembiasaan siswa mendengarkan audio berbahasa Arab serta guru kurang memaksimalkan penggunaan media pembelajaran yang menarik serta terlalu sering menggunakan media buku saja. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media pembelajaran Arab Fun Easy Learn – 5000 Frase untuk meningkatkan maharah istima’.Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan maharah istima’ kelas XI Ipa 1 di MAN Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran Arab Fun Easy Learn – 5000 Frase dalam meningkatkan maharah istima’ pada siswa kelas XI Ipa 1 di MAN Sidoarjo. 3) Untuk mengetahui efektivitas penerapan media pembelajaran Arab Fun Easy Learn – 5000 Frase dalam meningkatkan maharah istima’ pada siswa kelas XI Ipa 1 di MAN Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan uji “t-test”. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 37 siswa kelas XI Ipa 1 di MAN Sidoarjo. Hasil dari analisis diperoleh > | 1,688 < 9,399 > 2,434 karena lebih besar dari maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa adanya efektivitas penerapan media pembelajaran Arab Fun Easy Learn – 5000 Frase dalam meningkatkan maharah istima’ pada siswa kelas XI Ipa 1 di MAN Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Haralina Dyah Farhani Sudjonoharaputri612@gmail.comD92218061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNu'man, Muhammadnuman_umar@yahoo.com2022026901
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Subjects: Bahan Pustaka
Keywords: Media Pembelajaran Arab Fun Easy Learn – 5000 Frase; Keterampilan Mendengar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Haralina Dyah Farhani Sudjono Putri
Date Deposited: 01 Jan 2024 13:05
Last Modified: 01 Jan 2024 13:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59584

Actions (login required)

View Item View Item