PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS VI MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI MI. AL - AZIEZ SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masykur, Muhammad (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS VI MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI MI. AL - AZIEZ SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini membahas Peningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas VI Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Aziez Surabaya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana Prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Al-Aziez Surabaya (2) Bagaimana peningkatan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VI di MI. AL - AZIEZ Surabaya pada mata pelajaran SKI materi pokok Mengenal sejarah khalifah Abu Bakar as-Shiddiq?
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VI MI. Al-Aziez Surabaya. Data diperoleh melalui ulangan harian siswa dan observasi. Semua data dianalisis dengan analisis kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, sajian data, penarikan simpulan dan verifikasi penelitian. Keempat komponen analisis tersebut data reduction, data display, dan conclusion drawing (reduksi, sajian, penarikan kesimpulan dan verifikasi) dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sejak proses pengumpulan data dilakukan sampai datanya sudah jenuh.
Berdasarkan hasil observasi awal, dalam proses pembelajaran didapat hasil belajar siswa masih rendah sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pokok bahasan sejarah khalifah Abu Bakar as-Shiddiq kelas VI MI. Al-Aziez Surabaya.
Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan tipe pembelajaran kooperatif yang melibatkan belajar kelompok dengan kelompok tim ahli yaitu, siswa belajar melalui diskusi kelompok. Langkah-langkah dalam pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah memberikan kesempatan siswa untuk berbagi pengetahuan dengan siswa yang lain dengan cara siswa dibagi beberapa kelompok yang terdiri dari lima atau enam siswa, masing-masing membaca atau mengerjakan salah satu bagian yang berbeda dengan yang lain. Kemudian mereka berpencar ke kelompok kelompok lain dan membentuk
kelompok baru dan saling berdiskusi.
Kajian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VI MI. Al-Aziez Surabaya dengan materi pokok Kholifah Abu Bakar As - Shidiq. Penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran SKI lebih baik dari pada sebelum diterapkannya model pembelajaran tersebut. Karena sudah terbukti bahwa terdapat peningkatan hasil belajar SKI. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembejalaran kooperatif merupakan langkah yang tepat. Dengan model ini siswa menjadi lebih paham, karena pembelajaran menjadi lebih kongkrit dan realistis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Husniyatus Salamah Zainiyati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masykur, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bibliografi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Peningkatkan Prestasi Belajar SKI; Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2015 02:24
Last Modified: 11 Feb 2015 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/598

Actions (login required)

View Item View Item