Analisis penerapapan etika bisnis Islam terhadap kemajuan bisnis pesantren berbasis minimarket: studi pada Toko Basmalah Cabang Krampyangan Kota Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Camelia, Khusnia (2022) Analisis penerapapan etika bisnis Islam terhadap kemajuan bisnis pesantren berbasis minimarket: studi pada Toko Basmalah Cabang Krampyangan Kota Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusnia Camelia_G94218188.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Kemajuan Bisnis Pesantren Berbasis Minimarket (Studi Pada Toko Basmalah Cabang Krampyangan Kota Pasuruan)” merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan etika bisnis Islam terhadap kemajuan bisnis pesantren berbasis minimarket pada Toko Basmalah Cabang Krampyangan Kota Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Penulis mengolah data melalu tahapan editing, organizing,, dan analyzing. Dalam mengelola data, penulis melalui tahapan reduksi, penyajian, dan kemudian dapat diambil kesimpulan data yang telah diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Toko Basmalah Cabang Krampyangan Kota Pasuruan masih belum maksimal dalam menerapkan etika bisnis Islam, dimana terdapat prinsip yang belum dilakukan dengan maksimal yaitu menetapkan harga yang transparan yang diakibatkan kurang cekatan karyawan dalam memberikan harga pada barang cepat terjual, sehingga masih ada beberapa barang masih belum ada harga yang tertera pada kemasannya. Dampak dari penerapan etika bisnis Islam dapat diketahui melalui pendapatan yang diestimasikan dari jumlah struk pada jumlah volume penjualan yang masih berfluktuatif tetapi masih dapat mempertahankan jumlah tenaga kerja dalam jangka waktu 12 bulan ke belakang. Berdasarkan hasil penelitian, Penulis mengharapkan Toko Basmalah Cabang Krampyangan Kota Pasuruan untuk dapat memaksimalkan penerapan etika bisnis Islam, memberikan pemahaman tentang etika bisnis Islam, terus melakukan promosi melalui berbagai media dan menyediakan produk yang lebih bervariasi dengan mutu yang baik menurut agama Islam

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Camelia, Khusniacameliania16@gmail.comG94218188
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Bakhrulbakhrul.huda@uinsby.ac.id2104098501
Subjects: Ekonomi Islam
Bisnis
Etika
Keywords: Etika bisnis Islam; kemajuan bisnis; toko basmalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Khusnia Camelia
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:22
Last Modified: 06 Jul 2023 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60216

Actions (login required)

View Item View Item