Tahlil Al Akhtha' Al Imlaiyah Fii Kitabah Al Hamzah Liday Thullab Al Madrasah Al Mutawashithat Al Islamiyat Al Khukumiyat 3 Surabaya Sanah 2015-206 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Apriyani Kartika (2016) Tahlil Al Akhtha' Al Imlaiyah Fii Kitabah Al Hamzah Liday Thullab Al Madrasah Al Mutawashithat Al Islamiyat Al Khukumiyat 3 Surabaya Sanah 2015-206 M. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

“Hamzah” merupakan salah satu huruf Hija’iyah yang terletak sebelum huruf “Ya” dan juga merupakan huruf yang bisa menerima harakat/ syakal. Adapun keunikannya, terletak pada tata cara penulisan yang sangat variatif sesuai dengan pedoman yang telah disepakati oleh ahli bahasa.
Dalam realita yang ada, terdapat banyak siswa siswi yang masih salah dalam penulisan Hamzah baik Hamzah Ibtida’iyah (Hamzah Qatha’ dan Hamzah Washal), Hamzah Mutawassithah maupun Hamzah Mutatharrifah.
Pembahasan ini memiliki dua rumusan masalah; pertama, apa saja bentuk kesalahan tulisan Hamzah siswa siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Surabaya? Kedua, apa saja sebab terjadinya kesalahan tulisan Hamzah siswa siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Surabaya? Dengan tujuan dapat mengetahui dan mengungkap bentuk-bentuk kesalahan siswa-siswi dalam peulisan Hamzah dan berusaha mengetahui sebab-sebab terjadinya kesalahan tersebut serta pembenarannya.
Peneliti menggunakan metode Deskriptif Dokumentatif, yaitu peneliti mengumpulkan data dari lembar penulisan siswa-siswi, untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam lembaran-lembaran tersebut. Adapun langkah-langkah dalam menganalisis kesalahan; pertama, mengumpulkan data lembar siswa-siswi; kedua, mengidentifikasi kesalahan; ketiga, menjelaskan kesalahan; keempat, mengevaluasi kesalahan.
Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan empat bentuk kesalahan, yaitu: kesalahan dalam penuisan Hamzah Qatha’, Hamzah Washal, Hamzah Mutawassithah, dan Hamzah Mutatharrifah. Mayoritas bentuk kesalahan tersebut terdapat pada penulisan Hamzah Qatha’. Adapun sebab terjadinya kesalahan yaitu: memukul rata kaidah yang diketahui dan ketidaktahuan terhadap kaidah yang telah disepakati oleh ahli bahasa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Apriyani Kartika-A71211103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorghazali, imam--
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan
Keywords: Bahasa Arab; Tata Bahasa; Imlak; Menulis
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Apriyani Kartika
Date Deposited: 10 May 2016 06:53
Last Modified: 11 Nov 2019 04:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6026

Actions (login required)

View Item View Item