This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aliyah, Dwi Qipyatul (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran model POGIL berbasis etnomatematika untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Dwi Qipyatul Aliyah_D94218052.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbasis etnomatematika yang valid dan praktis untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Perangkat yang dikembangkan berupa RPP dan LKPD. Perangkat pembelajaran ini dikembangkan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi bangun ruang sisi datar yang dikaitkan dengan etnomatematika berupa aktivitas tukang bangunan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri dari tiga fase yakni fase investigasi awal, fase pembuatan prototipe dan fase penilaian. Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode wawancara, validasi, angket, dan tes. Wawancara dengan tukang bangunan dilakukan untuk memperoleh data bentuk matematika yang digunakan oleh tukang bangunan. Validasi digunakan untuk memperoleh data kevalidan dan kepraktisan secara teori pada perangkat pembelajaran. Sedangkan angket respon siswa digunakan untuk memperoleh data kepraktisan perangkat pembelajaran secara praktik. Tes digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Uji coba dilakukan di kelas VIII-I MTs Negeri Gresik yang berjumlah 29 siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data wawancara tentang bentuk etnomatematika tukang bangunan, catatan lapangan, kevalidan perangkat pembelajaran, kepraktisan perangkat pembelajaran, dan keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bentuk etnomatematika pada aktivitas tukang bangunan di Gresik diantaranya yaitu model matematika dalam bentuk operasi perkalian, pembagian, pecahan dan perbandingan. Selanjutnya kevalidan pada RPP sebesar 4,0 berada pada kategori “valid” sedangkan kevalidan LKPD sebesar 4,2 berada pada kategori “valid”. Selanjutnya perangkat pembelajaran mencapai kriteria praktis dengan memperoleh rata-rata penilaian “B” atau dapat digunakan dengan sedikit revisi. Terakhir, keterampilan berpikir kritis siswa setelah mengikuti pembelajaran masuk pada kategori “positif”.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Budaya |
||||||||||||
Keywords: | Model POGIL; etnomatematika; berpikir kritis | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Dwi Qipyatul Aliyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Mar 2023 02:10 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Mar 2023 02:10 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60555 |
Actions (login required)
View Item |