Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model cooperative type script dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wanok, Ayub Kisworo Putra (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model cooperative type script dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayub Kisworo Putra Wanok_D04217007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model Cooperative Type Script dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa di MTsN 1 Tarik bertujuan untuk menghasilkan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari perangkat pembelajaran matematika menggunakan model Cooperative Type Script dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan dengan model Plomp terdiri dari tiga fase, yaitu fase penelitian pendahulu (Preliminary Research), fase pembuatan prototype (Prototyping Phase), fase penilaian (Assessment Phase). Instrumen penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Angket ditujukan kepada validator Rencana Perangkat Pembelajaran, validator lembar kerja peserta didik dan validator keterampilan sosial serta subjek uji coba sejumlah 12 siswa kelas VIII MTsN 1 Tarik.
Hasil validasi Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) memperoleh nilai rata–rata total validitas 4,7 yang dinyatakan Valid. Sedangkan hasil penilaian kevalidan LKPD memperoleh nilai rata–rata total validitas sebesar 4,4. Kemudian untuk hasil penilaian kevalidan lembar observasi keterampilan sosial siswa memperoleh nilai rata–rata total validitas sebesar 5.0. Hasil penilaian kepraktisan RPP memperoleh nilai rata–rata “B” dan termasuk kriteria dapat digunakan dengan sedikit revisi dan dinyatakan Praktis. Sedangkan hasil penilaian kepraktisan LKPD memperoleh nilai rata–rata “B” dan termasuk kriteria dapat digunakan dengan sedikit revisi. Kemudian untuk hasil penilaian kepraktisan lembar observasi keterampilan sosial siswa memperoleh nilai rata–rata ”A” dan termasuk kriteria dapat digunakan tanpa revisi. Perangkat pembelajaran matematika menggunakan model Cooperative type Script dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa pada materi bangun datar lingkaran luas juring dan Panjang busur memperoleh nilai persentase efek yakni sebesar “71,87%” dan termasuk kriteria Cukup Efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wanok, Ayub Kisworo Putraayubkisworo@gmail.comD04217007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMiskun, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Keterampilan
Keywords: Model Cooperative Type Script; Keterampilan Sosial.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ayub Kisworo
Date Deposited: 03 Nov 2023 14:49
Last Modified: 03 Nov 2023 14:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60893

Actions (login required)

View Item View Item