This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Indrawati, Ninik (2016) ISTIROTIJIYAH TANMIYAH MAHARAH KALAM : BAHTSU TATHWIRI FI DIRASAH AL LUGHAH AL ARABIYAH AL MUKATSAFAH BI MA'HAD AL JIHAD SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (572kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (717kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (609kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (602kB) | Preview |
Abstract
Strategi adalah perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan tertentu.
Berbicara merupakan kompetensi salah satu inti dalam pembelajaran bahasa arab yang dinisbatkan sebagai alat komunikasi. Namun selama ini yang banyak diajarkan adalah keterampilan membaca dan qowaid, sehingga siswa kurang terbiasa dalam kompetensi berbicara, meskipun dua tahun terakhir mulai di ajarkan ketrampilan berbicara dan area bahasa di kelas.
Dengan latar belakang tersebut, maka peneliti mencermati proses pembelajaran intensif bahasa arab di PPM. Al-Jihad surabaya. Dari sini peneliti menemukan banyak masalah diantaranya pembelajaran sudah berlangsung lama tanpa ada kurikulum, materi, metode pengajaran yang sesuai dan tujuan yang jelas, seperti fokus ketrampilan yang dituju. Sehingga untuk evaluasinya juga tidak begitu sesuai, bahkan kadang tanpa ada evaluasi akhir pembelajaran.
Maka dari itu peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan, guna pengembangan lingkungan bahasa di PPM. Al-Jihad surabaya untuk meningkatkan ketrampilan berbicara santri. Banyak langkah yang digunakan peneliti untuk mencapai peningkatan ketrampilan berbicara santri, membuat kurikulum, silabus pembelajaran, membentuk lingkungan bahasa di luar kelas, membuat materi yang sesuai dengan kehidupan santri, membuat organisasi dalam lingkungan bahasa tersebut disertai aturannya. Serta memmberikan pre tes dan post tes.
Dari hasil pembelajaran dengan pengembangan lingkungan bahasa di luar kelas pada pembelajaran intensif bahasa arab di PPM. Al-Jihad surabaya meningkat, hasil ini dapat di lihat pada prosentase hasil belajar yang mencapai 6,98% yang semula adalah 3,20%. Tentunya santri harus memenuhi aspek penilaian diantarnya adalah kelancaran, kosakata, intonasi, dan kesesuaian dengan isi atau materi yang diajarkan. Dan yang paling penting mampu mengaplikasikan kosakata yang sudah dimiliki dalam berbicara sehari-hari.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||
Keywords: | Strategi; Kemampuan Berbicara | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | indrawati ninik | ||||||
Date Deposited: | 11 Mar 2016 08:30 | ||||||
Last Modified: | 11 Mar 2016 08:30 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6098 |
Actions (login required)
View Item |