Implementasi pembelajaran PAI berbasis kurikulum pondok pesantren dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab klasik di SMP Diniyah Turi Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Inayati, Nurul (2023) Implementasi pembelajaran PAI berbasis kurikulum pondok pesantren dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab klasik di SMP Diniyah Turi Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Inayati_D71219079.pdf

Download (3MB)

Abstract

SMP Diniyah telah berusaha melakukan inovasi-inovasi yang sesuai dengan kondisi saat ini agar bisa mencapai tujuan yakni ingin meningkatkan kemampuan membaca kitab klasik. Dalam pembelajaran PAI telah menggunakan kurikulum pondok pesantren Al-Falahiyah, sehingga jelas mengalami perbedaan dengan sekolah umum lainnya, Pembelajaran PAI di SMP Diniyah mata pelajaran dipisah-pisah dengan alokasi waktunya sendiri-sendiri dan bahan ajarnya menggunakan kitab klasik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari pembelajaran PAI yang menggunakan kurikulum pondok pesantren dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab klasik di SMP Diniyah Turi Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menyusun tujuan pembelajaran, menentukan alokasi waktu, dan menetapkan bahan ajar yang akan dipakai, terkait dengan perangkat pembelajaran berbasis kurikulum pondok pesantren sudah ada berupa silabus dan RPP yang digunakan sebagai acuan proses pembelajaran (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan menggunakan strategi yang menyesuaikan materi, dengan kitab klasik sebagai media yang dominan, metode pembelajaran meliputi metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan, serta menggunakan bahan ajar kitab klasik selama proses pembelajaran (3) Hasil pembelajaran dapat diketahui melalui evaluasi yang berupa tes tulis, tes lisan, tes praktik, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan penilaian sikap. Hasil yang diperoleh dari pembelajaran PAI berbasis kurikulum pondok pesantren yakni pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca kitab klasik peserta didik, walaupun masih terdapat beberapa kendala. Ada 2 jenis Laporan hasil belajar di SMP Diniyah yaitu rapot diniyah dan rapot umum

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Inayati, Nurulnurulinayati2001@gmail.comD71219079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pesantren
Keywords: Pembelajaran PAI; kurikulum pesantren; membaca kitab klasik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Inayati
Date Deposited: 27 Apr 2023 04:22
Last Modified: 27 Apr 2023 04:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61737

Actions (login required)

View Item View Item