This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aisyah, Arum Nur (2023) Eksperimentasi model pembelajaran scramble terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Arum Nur Aisyah_D97219065_OK.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena masih ditemukan siswa yang tidak berminat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui minat belajar matematika siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo sebelum diberikan perlakuan. 2) Untuk mengetahui minat belajar matematika siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo sesudah diberikan perlakuan. 3) Untuk mengetahui peningkatan minat belajar matematika siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo sesudah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Scramble. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen The Nonequivalent Pre-test-Post-test-Control Group Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hasil pre-test kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 51,28 dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 55,52. Hasil uji t’ diperoleh nilai signifikansi 0,110 > 0,05 maka H0 diterima artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata minat belajar matematika antara kelompok siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Scramble dengan kelompok siswa yang tidak diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Scramble. 2) Hasil post-test kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 50,76 dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 57,08. Hasil uji t’ diperoleh nilai signifikansi 0,006 < 0,05 maka H0 ditolak artinya terdapat perbedaan rata-rata minat belajar matematika antara kelompok siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Scramble dengan kelompok siswa yang tidak diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Scramble. 3) Setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Scramble, minat belajar matematika siswa kelas eksperimen meningkat. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa peningkatan minat belajar matematika siswa mencapai 0,0167 dengan kategori rendah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Minat Siswa Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Keywords: | Minat Belajar; Matematika; Model Pembelajaran Scramble. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Arum Nur Aisyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 May 2023 05:53 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 May 2023 05:53 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61846 |
Actions (login required)
View Item |