This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sari, Della Puspita (2023) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo melalui model project based learning. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Della Puspita Sari_D97219069_Ok.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo, hal ini dibuktikan dengan ketidakmampuan siswa dalam menjelaskan cara mereka menyelesaikan sebuah permasalahan. Oleh karena itu, dibutuhkan variasi dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satunya adalah model project based learning yang menuntut pembelajaran berpusat kepada siswa. Sehingga, peneliti meneliti terkait peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)mengetahui kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo sebelum diberikan perlakuan, 2)mengetahui kemampuan berpikir kritis padapembelajaran matematika siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo setelah diberikan perlakuan, 3) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo setelah diterapkan model project based learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian the nonequivalent pre-test- postest control group design. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Kemampuan awal berpikir kritis siswa kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan tidak jauh berbeda. Berdasarkan uji Mann Whitney U data pre-test kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi 0,58 > 0,05. Berdasarkan hasil uji T data pre-test kelas eksperimen diperoleh nilai signifikansi 0,815 > 0,05, artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis antara kelompok siswa yang diberi perlakuan menggunakan model Project Based Learning dengan kelompok siswa yang tidak diberi perlakuan menggunakan model Project Based Learning. 2)Kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan memiliki perbedaan. Berdasarkan uji Mann Whitney U data post-test kelas kontrol dan eskperimen diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05, artinya terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis antara kelompok siswa yang diberi perlakuan menggunakan model Project Based Learning dengan kelompok siswa yang tidak diberi perlakuan menggunakan model Project Based Learning. 3)Setelah diberikan perlakuan berupa model project based learning, kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen meningkat. Berdasarkan hasil uji N-gain diperoleh skor rata-rata sebesar 3,60 berada pada kategori sedang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Keywords: | Model Project Based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis; Matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Della Puspita Sari | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 May 2023 07:38 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 May 2023 07:38 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61848 |
Actions (login required)
View Item |