This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Na'imah, Shofiyatun (2023) Pengaruh kemampuan literasi membaca terhadap hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Shofiyatun Na'imah_D91219152 ok.pdf Download (3MB) |
Abstract
Literasi memiliki keterkaitan yang erat dalam bidang pendidikan karena literasi dipandang sebagai prasyarat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Pendidikan dengan fokus pengembangan literasi merupakan pendidikan yang selaras dengan perkembangan di abad 21. Dengan memiliki kemampuan literasi, peserta didik akan siap dalam menangani kompleksitas dunia modern dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui kemampuan literasi membaca peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Peterongan Jombang? 2) Mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Peterongan Jombang? 3) Mengetahui pengaruh kemampuan literasi membaca terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Peterongan Jombang? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi. Objek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII di SMPN 1 Peterongan Jombang dengan sampel 68 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner, tes, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil dari penelitian memperoleh bahwa 1) Kemampuan literasi membaca peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Peterongan Jombang memperoleh hasil persentase sebesar 69,7%. Dengan demikian, kemampuan literasi membaca peserta didik dapat dikategorikan sedang. 2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VII SMP Negeri 1 Peterongan Jombang memperoleh hasil persentase sebesar 63,1%. Dengan demikian, hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dapat dikategorikan sedang. 3) Pengaruh kemampuan literasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Peterongan Jombang memperoleh hasil analisis regresi linear sederhana dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,161. Selanjutnya diperoleh nilai korelasi (R) sebesar 0,515. Sedangkan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,265 yang berarti kemampuan literasi membaca berpengaruh sebesar 26,5% terhadap hasil belajar peserta didik. Kemudian pada Fhitung diperoleh hasil sebesar 23,788 dengan tingkat sig. 0,000 < 0,05 serta nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 4,877 > 1,996. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa Hₐ diterima dan H₀ ditolak dengan artian bahwa kemampuan literasi membaca berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Peterongan Jombang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Agama Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
Keywords: | Kemampuan literasi membaca; hasil belajar; Mata Pelajaran PAI | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Shofiyatun Na'imah | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 May 2023 04:02 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 May 2023 04:02 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62092 |
Actions (login required)
View Item |