Pengaruh Qur'anic self talk therapy terhadap penurunan kecemasan akademik pada siswa SMA Widya Darma Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naimah, Samsiyatun (2023) Pengaruh Qur'anic self talk therapy terhadap penurunan kecemasan akademik pada siswa SMA Widya Darma Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Samsiyatun Naimah B73219089.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui pengaruh qur’anic therapy yang menggunakan teknik self talk dalam upaya menurunkan kecemasan akademik pada siswa SMA Widya Darma Surabaya. Dalam mengkaji persoalan ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan single subject research. Dalam hal ini peneliti menggunakan desain A-B, yaitu desain yang perilaku sasarannya diukur sampai 2x. Pengukuran tersebut pada fase pertama yang disebut baseline (A), dan fase kedua disebut intervensi (B). Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh terapi qur’anic self talk untuk menurunkan kecemasan akademik pada siswa SMA Widya Darma Surabaya. Dibuktikan dengan adanya penurunan frekuensi dari setiap perilaku nampak kecemasan akademik. Dari berbagai indicator kecemasan akademik, terdapat tiga perilaku nampak kecemasan akademik pada subyek. Dari ketiga perilaku tersebut, rata-rata penurunan. frekuensi dari awalnya nilai 4 menjadi 2.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naimah, Samsiyatunsyamsiahajja804@gmail.comB73219089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Mohamadmohamadthohir@uinsby.ac.id197905172009011007
Subjects: Bimbingan Konseling
Terapi
Keywords: Qur’anic Therapy; Self Talk; Kecemasan akademik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Samsiyatun Naimah
Date Deposited: 25 May 2023 04:11
Last Modified: 25 May 2023 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62539

Actions (login required)

View Item View Item