This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aini, Nur Fadila (2023) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru melalui kegiatan asesmen kompetensi minimum (AKM) di MTsN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nur Fadila Aini_D03219025.pdf Download (2MB) |
Abstract
Keberadaan guru sebagai pendidik membutuhkan suatu kemampuan profesional yang dapat mendukung terhadap pencapaian tujuan suatu pendidikan. Profesional guru dapat dibentuk dan ditingkatkan melalui kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan kebutuhannya. Peningkatan tersebut diharapkan mampu menunjang guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik yang profesional. Strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah sangat berperan penting dalam meningkatkan profesionalisme seorang guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 1 Sidoarjo, (2) Pelaksanaan asesmen kompetensi minimum di MTsN 1 Sidoarjo, (3) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru melalui kegiatan asesmen kompetensi minimum di MTsN 1 Sidoarjo. Dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini yaitu Kepala madrasah, Waka kesiswaan, dan guru. Peneliti menggunakan analisis dan interpretasi serta menggunakan triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru diantaranya: memberlakukan absensi setiap datang dan pulang mengajar, mendelegasikan guru mengikuti MGMP, dan mengadakan sosialisasi supervisi pembelajaran. Hasil penelitian selanjutnya terkait pelaksanaan AKM di MTsN 1 Sidoarjo diantaranya: melakukan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kemudian hasil penelitian terkait strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru melalui kegiatan asesmen kompetensi minimum diantaranya: Membentuk panitia khusus kegiatan asesmen kompetensi minimum, Mengadakan workshop, Mendelegasikan guru mengikuti pelatihan di luar madrasah, dan Melakukan koordinasi dengan panitia.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan | ||||||||||||
Keywords: | Strategi kepala madrasah; profesionalisme guru; asesmen kompetensi minimum | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nur Fadila Aini | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 May 2023 02:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 May 2023 02:40 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62543 |
Actions (login required)
View Item |