This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Arafat, Abdillah (2023) Uji korelasi variabel abstraction, algorithm, decomposition, dan pattern recognition terhadap kemampuan computational thinking anak usia dasar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Abdillah Arafat_H06219001 OK.pdf Download (6MB) |
Abstract
Fokus dari Computational Thinking terletak pada aspek ilmiah dan dunia komputasi. Tetapi, sekalipun kegiatan programming membutuhkan kemampuan Computational Thinking, untuk mengukur kemampuan Computational Thinking itu sendiri tidak memerlukan pengalaman programming sebelumnya. Computational Thinking sebagai proses berpikir dibutuhkan sejak pendidikan dasar dan penting untuk dimiliki sejak usia dini. Oleh karena itu, penting dilakukan pengukuran terhadap siswa sekolah dasar untuk dapat mendeteksi lebih awal kemampuan Computational Thinking yang mereka miliki. Dengan menggunakan istrumen pertanyaan dari Bebras Indonesia, penelitian ini melakukan Uji Korelasi Perason Product Moment untuk mengetahui keterkaitan variabel Abstraction, Algorithm, Decomposition, dan Pattern Recognition terhadap kemampuan Computational Thinking anak usia dasar. Selain itu, Uji Z juga dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pada kemampuan Computational Thinking siswa full day school dan sekolah reguler serta siswa laki-laki dan perempuan. Sebelum itu, data harus dipastikan terdistribusi normal dahulu melalui uji normalitas Skewness-Kurtosis sebagai syarat mutlak dari dua pengujian tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan Computational Thinking anak usia dasar memiliki korelasi yang positif dan signifikan dengan tingkatan kuat terhadap variabel Abstraction (r = 0,760), Algorithm (r = 0,710), dan Decomposition (r = 0,648). Hubungan yang positif dan signifikan ini juga terjadi pada variabel Pattern Recognition pada tingkatan sedang (r = 0,476). Selain itu, diketahui adanya perbedaan kemampuan Computational Thinking pada dua jenis sekolah berbeda, yaitu siswa full day school lebih baik daripada siswa sekolah reguler. Sedangkan pada kelompok siswa laki-laki dan perempuan tidak ditemukan adanya perbedaan tersebut.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendekatan Pendidikan > Pendidikan Anak Pemikiran |
||||||||||||
Keywords: | Abstraction; Algorithm; Decomposition; Pattern Recognition; Computational Thinking | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi | ||||||||||||
Depositing User: | Abdillah Arafat | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Aug 2023 02:31 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 Aug 2023 02:31 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62966 |
Actions (login required)
View Item |