This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ma'rifatussholichah, Lifia (2023) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe number head together terhadap hasil belajar matematika materi lingkaran siswa kelas VI C MIN 1 kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Lifia Ma'rifatussholichah_D97219089.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pada masalah pemahaman siswa yang masih kurang memadai, khususnya pada mata pelajaran matematika. Dimana hal tersebut membuat rendahnya hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk melihat pengaruh terhadap hasil belajar siswa jika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together. Peneliti pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis metode penelitian quasi experiment serta menggunakan desain nonequivalent control group. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI di MIN 1 Kota Surabaya yang dimana menggunakan dua kelas dengan diberikan perlakuan atau treatment menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together pada kelas eksperimen yaitu kelas VI C dan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol yaitu kelas VI A. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes berbentuk pilihan ganda sebanyak dua kali yaitu Pretest dilaksanakan sebelum pemberian perlakukan dan Posttest dilaksanakan setelah diberikannya perlakuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Instrumen selanjutnya adalah dokumentasi dan jurnal harian bagi siswa. Uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, dan uji hipotesis digunakan dalam metode analisis data penelitian ini. Hasil temuan dari pelaksanaan penelitian mengungkapkan bahwa, dibandingkan dengan kelas kontrol nilai rata – rata pretest adalah 87,31 sedangkan nilai rata – rata pretest untuk kelas eksperimen adalah 70,60. Selain itu, nilai Posttest rata – rata kelas eksperimen adalah 89,63, sedangkan kelas kontrol adalah 83,34. Hal tersebut mengandung arti bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together berpengaruh terhadap hasil akhir pembelajaran materi lingkaran matematika bagi siswa kelas VI.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika | ||||||||||||
Keywords: | Number head together; hasil belajar matematika; lingkaran | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | lifia ma'rifatussholichah | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2023 01:49 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2023 01:49 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63122 |
Actions (login required)
View Item |