This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Shofiyah, Devi Sakinatus (2023) Penggunaan media tangram untuk meningkatkan hasil belajar pada materi simetri lipat dan putar bangun datar siswa kelas III A MIN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Devi Sakinatus Shofiyah_D07219006.pdf Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan data pada saat proses wawancara yang diperoleh oleh peneliti dengan narasumber atau guru kelas, menyatakan bahwa dalam proses pembelajaran matematika guru tidak menggunakan media pembelajaran dan hanya berfokus pada buku. Sehingga peneliti melakukan perbaikan melalui penerapan media tangram dalam proses belajar mengajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan media pembelajaran tangram pada materi simetri lipat dan simetri putar bangun datar mata pelajaran matematika peserta didik kelas III-A MIN 1 Sidoarjo. 2) Peningkatan hasil belajar peserta didik dalam penggunaan media tangram materi simetri lipat dan putar bangun datar peserta didik kelas III-A MIN 1 Sidoarjo. Penelitian ini menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahapan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada proses teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan peneliti dalam kegiatan penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, pedoman wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media pembelajaran tangram dilakukan dengan optimal, ditunjukkan dengan adanya hasil observasi guru pada siklus I sebesar 73,95 (cukup), meningkat menjadi 85,41 (baik) pada siklus II. Hasil observasi aktivitas peserta didik sebesar 79,41 (cukup), meningkat menjadi 95,58 (sangat baik). 2) Hasil belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran tangram pada materi simetri lipat dan putar mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan melalui hasil pra siklus memperoleh 13,79% (sangat kurang). Siklus I memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 51,72% (kurang), kemudian mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh ketuntasan 79,31% (cukup).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Motivasi Belajar |
||||||||||||
Keywords: | media tangram; hasil belajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Devi Sakinatus Shofiyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Jul 2023 04:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Jul 2023 04:12 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63207 |
Actions (login required)
View Item |