This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fatroh, Amelia Laili (2023) Efektivitas penggunaan media podcast dalam aplikasi spotify untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam di kelas VIII SMPM 15 Brondong Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Amelia Laili Fatroh_D91219098.pdf Download (3MB) |
Abstract
Podcast merupakan sebuah hasil rekaman audio yang berisi informasi yang diunggah di website atau portal tertentu sehingga dapat didengarkan oleh semua orang kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa masalah yaitu (1) Pemahaman peserta didik sebelum menggunakan media podcast dalam aplikasi spotify pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII SMPM 15 Brondong lamongan (2) Pemahaman peserta didik setelah menggunakan media podcast dalam aplikasi spotify pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII SMPM 15 Brondong lamongan (3) Efektivitas penggunaan media podcast dalam aplikasi spotify untuk meningkatan pemahaman peserta didik pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas VIII SMPM 15 Brondong lamongan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan bentuk penelitian eksperimen dengan desain true eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah independent t-test untuk melihat signifikasi perbedaan kelas kontrol dan eksperimen dan N-Gain Score untuk mengukur efektivitas penggunaan media podcast. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) Pemahaman peserta didik sebelum penggunaan media podcast dalam aplikasi spotify pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam tergolong rendah dengan hasil rata-rata 12.44 pada kelas kontrol, dan 12.68 pada kelas eksperimen (2) Pemahaman peserta didik setelah penggunaan media podcast dalam aplikasi spotify pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam mengalami peningkatan sehingga tergolong lebih baik dengan hasil rata-rata 81.48 pada kelas eksperimen, dan 75.36 pada kelas kontrol (3) Penggunaan media podcast dalam aplikasi spotify efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam di kelas VIII SMPM 15 Brondong Lamongan. Dan untuk nilai efektivitas penggunaan media podcast dalam aplikasi spotify ditafsirkan menggunakan uji N-Gain Score yang mana hasil tes tersebut untuk kelas eksperimen adalah sebesar 78,6612 atau 78,6 % termasuk dalam kategori efektif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Media |
||||||||||||
Keywords: | Efektivitas; media podcast spotify; pemahaman peserta didik | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Amelia Laili Fatroh | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2023 06:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2023 06:50 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63282 |
Actions (login required)
View Item |