This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jannah, Zahrotul (2023) Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi assemblr edu dalam meningkatkan pemahaman materi PAI dan budi pekerti peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Gedangan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Zahrotul Jannah_D91219158.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran PAI yang cenderung monoton membuat peserta didik kurang dapat memahami dengan baik materi yang disampaikan sehingga tujuan pembelajaran pun tidak tercapai. Media pembelajaran berbasis aplikasi Assemblr Edu merupakan salah satu alat yang dapat mendukung pembelajaran dengan menggunakan teknologi 3D dan Augmented Reality (AR) sehingga materi dapat difahami dengan lebih mudah oleh peserta ddik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi assemblr edu dalam pembelajaran PAI pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Gedangan, 2) Tingkat pemahaman materi PAI peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Gedangan, dan 3) Efektivitas penerapan media pembelajaran Assemblr Edu dalam meningkatan pemahaman materi PAI pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Gedangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain post-test only control group design guna mengetahui tingkat pemahaman materi PAI peserta didik dengan penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi assemblr edu. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan cara pengambilan berdasarkan tujuan dari suatu populasi. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara penghitungan melalui analisis statistik deskriptif dan parametrik. Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa; 1) Penerapan media pembelajaran assemblr edu dalam pembelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 1 Gedangan berjalan dengan baik. 2) Tingkat pemahaman materi PAI peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Gedangan pada dua kelas menunjukkan perbandingan skor yang signifikan. Kelas kontrol masuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata 71, sedangkan kelas eksperimen lebih tinggi dengan skor 81,57 sehingga masuk dalam kategori tinggi. 3) Penerapan media pembelajaran assemblr edu memiliki efektivitas terhadap peningkatan pemahaman materi PAI peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Gedangan. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis uji independent sample t-test yang memperoleh hasil pengujian sig. (2-tailed) sebesar 0,00. Nilai tersebut lebih kecil dari taraf signifikansi (0,05) dalam uji independent sample -test.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Penelitian Penelitian Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Media pembelajaran assemblr edu; tingkat pemahaman materi; pembelajaran PAI | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Zahrotul Jannah | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2023 07:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2023 07:40 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63288 |
Actions (login required)
View Item |