This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Yunita, Chofifa Ikka (2023) Pengembangan modul ajar pembelajaran matematika dengan model pjbl-stem, science, technology, engineering, mathematic, berbantuan media phet simulations untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Chofifa Ikka Yunita_D94219049.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar pembelajaran matematika dengan model Project Based Learning pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematic (model PjBL-STEM) berbantuan media PhET Simulations supaya menjadi modul ajar pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Komponen modul ajar tersebut mengacu pada kurikulum merdeka yang terdiri dari komponen umum, inti, dan lampiran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini diterapkan kepada peserta didik kelas X MAPK di MAN 1 Mojokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik field note, validasi, dan tes. Setelah data diperoleh, data tersebut dianalisis menggunakan analisis field note, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul ajar pembelajaran matematika. Penelitian ini memperoleh hasil yang terdiri dari: (1) Proses pengembangan produk pada tahap analysis memperoleh data tentang kendala kegiatan pembelajaran matematika, rendahnya hasil belajar peserta didik, kurikulum dan materi pokok yang digunakan di MAN 1 Mojokerto. Tahap design, kegiatan perancangan konseptual modul ajar pembelajaran matematika. Tahap development, kegiatan pengembangan modul ajar sesuai dengan rancangan konseptual pada tahap sebelumnya yang kemudian dilakukan proses validasi dan revisi sesuai dengan masukan para validator. Tahap implementation, kegiatan penerapan modul ajar kepada peserta didik kelas X MAPK di MAN 1 Mojokerto. Tahap evaluation, kegiatan evaluasi dan menilai keefektifan modul ajar yang telah dikembangkan. (2) Modul ajar pembelajaran matematika dinyatakan “valid” dengan rata-rata total kevalidan sebesar 4,29 yang termasuk pada kriteria sangat valid. (3) Modul ajar pembelajaran matematika dinyatakan “praktis" pada kriteria A dengan rata-rata total nilai kepraktisan sebesar 86,66 yang berarti dapat digunakan tanpa revisi.(4) Modul ajar pembelajaran matematika dinyatakan “efektif” untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dilihat dari ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 86% dan peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 12,09.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Belajar Matematika |
||||||||||||
Keywords: | Model Pj Model PjBL-STEM; PhET simulations; hasil belajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Chofifa Ikka Yunita | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:07 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:07 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63313 |
Actions (login required)
View Item |