Pengaruh model pembelajaran Make a Match berbantuan media Flashcard terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris materi Transportation pada siswa Kelas V MI Ishlahul Ummah Pranti Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahma, Talita Dwi (2023) Pengaruh model pembelajaran Make a Match berbantuan media Flashcard terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris materi Transportation pada siswa Kelas V MI Ishlahul Ummah Pranti Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Talita Dwi Rahma_D97219106 2 ok.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya penguasaan kosakata Bahasa Inggris materi transportation pada siswa kelas V MI Ishlahul Ummah Pranti Sidoarjo. Hal ini disebabkan karena kegiatan belajar mengajar masih menggunakan metode konvesional seperti ceramah. Sehingga menjadikan siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris. Maka dari itu, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu meningkatkan penguasaan kosakata siswa serta menarik minat siswa kelas V pada pembelajaran Bahasa Inggris. Penggunaan model pembelajaran make a match berbantuan media flashcard diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemukan. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa materi transportation sebelum dan sesudah di beri model pembelajaran make a match berbantuan media flashcard siswa kelas V MI Ishlahul Ummah Pranti. 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media flashcard terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris materi transportation pada siswa kelas V MI Ishlahul Ummah Pranti. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain yang digunakan adalah jenis desain Quasi eksperimen dengan tipe one group pretest posttest design adalah eksperimen yang dicoba pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai rata-rata pre-test sebesar 58,57, sedangkan hasil rata-rata post- test sebesar 86,61. Selisih dari nilai rata-rata post-test menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai setelah diberikan treatment atau perlakuan.2) Hasil uji-t menggunakan uji paired sample test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Sehingga menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match berbantuan media flashcard berpengaruh terhadap penguasaan kosakata siswa materi transportation pada siswa kelas V MI Ishlahul Ummah Pranti Sidoarjo. 3) hasil uji n- gain diperoleh nilai rata-rata 0,69 yang menunjukkan model pembelajaran make a match berbantuan media flashcard terhadap penguasaan kosakata siswa materi transportation pada siswa kelas V MI Ishlahul berada pada tingkat sedang atau cukup efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahma, Talita Dwitalytaita40273@gmail.comD97219106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Model pembelajaran Make a Match berbantuan media Flashcard; penguasaan kosakata; transportation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Talita Rahma
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:52
Last Modified: 13 Jul 2023 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63392

Actions (login required)

View Item View Item