This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahayuningsih, Vina (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap keterampilan menulis Aksara Jawa Legena pada siswa Kelas III MI Ishlahul Ummah Pranti Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Vina Rahayuningsih_D97219111 ok.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya keterampilan menulis Aksara Jawa Legena siswa kelas III MI Ishlahul Ummah Pranti Sidoarjo. Hal ini disebabkan karena kegiatan belajar mengajar masih menggunakan metode ceramah. Sehingga menjadikan siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Jawa. Maka dari itu, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan menulis Aksara Jawa siswa serta menarik siswa kelas III pada pembelajaran Bahasa Jawa. Penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemukan. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana keterampilan menulis Aksara Jawa Legena siswa kelas III MI Ishlahul Ummmah sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap keterampilan menulis Aksara Jawa Legena siswa kelas III MI Ishlahul Ummah. Pada penelitian ini menggunakan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif desain, yang digunakan adalah jenis desain eksperimen dengan tipe One Group Pretest – Posttest design, yang dilakukan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Sebelum diberikan perlakuan, siswa diberikan pre-test untuk mengetahu kemampuan awal siswa. Setelah diberikan perlakuan, siswa diberikan post-test. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai rata-rata pretest sebesar 61,31, sedangkan nilai rata-rata Posttest sebesar 88,50, selisih dari nilai rata-rata menunjukkan terdapat peningkatan nilai setelah diberikan Treatment. 2) hasil uji-t menggunakan uji Paired Sample test yang menunjukkan adanya pengaruh yang baik dan signifikan, hal ini diperoleh Sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang mana nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Yang berarti terdapat pengaruh pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap keterampilan menulis Aksara Jawa Legena siswa kelas III MI Ishlahul Ummah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Keywords: | Model Numbered Heads Together (NHT); keterampilan menulis; aksara Jawa | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Vina Rahayuningsih | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Jul 2023 07:20 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Jul 2023 07:20 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63393 |
Actions (login required)
View Item |