This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fatimah, Siti (2016) PENGEMBANGAN PAKET PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI KONSELING MELALUI TEKNIK REFRAMING BAGI MAHASISWA BKI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (225kB) | Preview |
Abstract
Fokus ini adalah (1)Bagaimana pelaksanaan pengembangan peningkatan keterampilan komunikasi melalui tehnik reframing bagi mahasiswa BKI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya? (2) Bagaimana respon dari mahasiswa peserta pengembangan setelah dilakukan kegiatan pengembangan di jurusan BKI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya? (3) Bagaimana uji kelayakan paket yang sesuai dengan ketepatan, kelayakan, dan kegunaan.Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R&D), dengan menggabungkan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari wawancara, observasi, saran, kritik, dan komentar tertulis dalam angket maupun catatan hasil wawancara. sedangkan data kuantitatof diperoleh dengan menggunakan skala penilaian yang berupa angket. Hasil penelitian ini menyebabkan, bahwa pengembangan peningkatan keterampilan komunikasi konseling dibutuhkan paket dan pelatihan agar dapat membantu konselor dalam mempelajari keterampilan komunikasi konseling. Paket yang telah dirancang berisikan materi, yaitu: (1) Reframing dalam aspek keterampilan komunikasi konseling, (2) Artikel reframing, (3) Pengertian reframing, (4) Macam-macam reframing, (5) Cara membedakan reframing, (6) Harapan dan keberatan, (7) Tips pemula reframing, (8) Kesimpulan & evaluasi. Dalam pelatihan ini, dilakukan tiga hari dan terdiri dari perkenalan, stage hipnosis, penyampaian materi, simulasi dan evaluasi. Untuk keefektifan paket dan peningkatan keterampilan komunikasi konseling, diadakan uji ahli dan penilaian keterampilan komunikasi konseling. Setelah paket diuji tim ahli, didapatkan hasil penilaian akhir sebesar 75% yang masuk dalam kategori cukup efektif. Terdapat peningkatan yaitu dari 2,78% ke 3,91%. Sedangkan respon mahasiswa BKI setelah diadakannya bimbingan sebesar 85% berdasarkan uji prosentase kuantitatif masuk dalam kategori sangat baik atau positif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Konseling Ilmu Komunikasi |
||||||
Keywords: | BKI; Teknik Reframing; Konseling | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam | ||||||
Depositing User: | fatimah siti | ||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2016 07:50 | ||||||
Last Modified: | 30 Mar 2016 07:50 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6348 |
Actions (login required)
View Item |