Respon peserta didik kelas terbuka terhadap materi pembelajaran PAI di SMP Negeri Terbuka 25 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ishomuddin, Muhammad (2023) Respon peserta didik kelas terbuka terhadap materi pembelajaran PAI di SMP Negeri Terbuka 25 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ishomuddin_D71219074 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran PAI dalam lembaga pendidikan islam merupakan program kurikuler yang dimana bagian utuh dari sistem pendidikan nasional. Semua jenjang pendidikan yang berada di dalam lingkup sekolah yang peserta didiknya berstatus agama islam perlu adanya mata pelajaran PAI. adanya pembelajaran PAI memiliki harapan yakni membuka cakrawala pada peserta didik bahwa agama islam adalah agama yang rahmatan lil ‘alamin. Agama islam adalah agama yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan secara universal. dalam proses pembelajaran PAI ada yang memunculkan respon negatif dalam proses pembelajaran karena proses pembelajaran yang kurang inovatif dan lebih mengedepankan tugas yang diberikan kepada peserta didik daripada penyampaian materi pembelajaran PAI kepada peserta didik. dalam proses pembelajaran antara kelas terbuka dan kelas reguler ini berbeda. Yang menjadi perbedaan adalah jam pembelajaran serta proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas. Tak terlepas pada SMP Negeri Terbuka 25 Surabaya menjadi lokasi penelitian ini karena SMP pertama di kota Surabaya yang mendirikan SMP Terbuka. Penelitian ini memfokuskan pada kajian tentang : (1) Latar belakang kelas terbuka di SMP Negeri Terbuka 25 Surabaya. (2) Kebijakan SMP Negeri Terbuka 25 Surabaya. (3) Proses Pembelajaran PAI di SMP Negeri Terbuka 25 Surabaya. (4) Respon Peserta didik kelas terbuka terhadap materi pembelajaran PAI di SMP Negeri Terbuka 25 Surabaya. Metode penelitian ini adalah kualitatif sehingga paparan data dan hasil penelitian dijabarakan dalam bentuk narasi secara rinci. Adapun pola dari penelitian ini adalah deskriptif yang mana mendeskripsikan tentang seperti apa respon peserta didik kelas terbuka terhadap materi pembelajaran PAI di SMP Negeri Terbuka 25 Surabaya. Sedangkan teknik pengambilan data dari penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Setelah data diperoleh, data dianalisis melalui beberapa tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini telah membuahkan hasil yang berupa jawaban-jawaban atas rumusan masalah yang telah dirangkum, yakni (1) berdirinya SMP Terbuka di SMP Negeri 25 Surabaya dilatarbelakangi oleh minat belajar anak daerah sukomanunggal akan tetapi kurang beruntung. Kurang beruntungnya karena kerja membantu orang tua karena faktor ekonomi yang ke bawah dan anak yang mengalami putus sekolah karena broken home. (2) kebijakan yang diterapkan di SMP Negeri Terbuka 25 Surabaya yakni terintegrasi dengan SMP Negeri 25 Surabaya, penyamarataan kurikulum, struktur organisasi, buku paket, dan perbedaan jam pembelajaran dengan kelas reguler. (3) proses pembelajaran PAI di kelas 7 terbuka yakni guru yang lebih aktif dalam proses pembelajaran PAI. Sedangkan proses pembelajaran PAI di kelas 8 terbuka yakni guru lebih memerhatikan keluasan materi yang disampaikan, fasilitas pendukung, dan kemampuan dalam menyampaikan materi pembelajaran PAI. (4) peserta didik kelas terbuka memiliki respon positif dalam materi pembelajaran PAI dibuktikan dengan setiap indikator memiliki kriteria kuat dengan dasar kuisioner yang diisi peserta didik kelas terbuka, hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan peneliti kepada peserta didik kelas terbuka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ishomuddin, Muhammadmazishom@gmail.comD71219074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Respon Peserta didik; kelas terbuka; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Ishomuddin UINSA
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:06
Last Modified: 20 Jul 2023 08:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63593

Actions (login required)

View Item View Item