This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Karimah, Nadia Aulia Al (2023) Pengaruh penggunaan metode fernald terhadap kemmapuan membaca permulaan siswa kelas 1 di MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nadia Aulia Al Karimah_D07219022.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan anak kelas 1 MI Islamiyah Sumberwudi dalam membaca. Faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca diantaranya berasal dari faktor keturunan, faktor keluarga, faktor lingkungan dan dirinya sendiri. Sedangkan cara penanganan anak kelas 1 yang masih belum lancar membaca dapat dilakukan dengan bimbingan secara privat dan memberikan reward ketika proses bimbingan, dengan cara ini dapat membangun motivasi anak lebih semangat dan giat mampu untuk membaca. Metode yang digunakan dalam Sehingga mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan menggunakan metode fernald. Penelitian ini bertujuan untuk, (pertama) mengetahui kemampuan membaca permulaan sebelum dan sesudah menggunakan metode fernald, (kedua) mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Fernald Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 di MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan adalah jenis One Grup Pretest-Posttest Design. Metode yang digunakan dalam analisis data kuantitatif termasuk metode analisis inferensial. Penelitian dilakukan dengan melakukan tes sebelum perlakuan (Pretest) dan setelah perlakuan (Posttest), masing-masing dilakukan sebanyak 3 kali tes untuk mengetahui kestabilan nilai dan peningkatan nilai. Teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Statistik Deskriptif, Uji Aumsi Klasik, dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menjukkan bahwa : 1) Hasil yang ditunjukkan pada rata-rata Pretest 1 sampai dengan Pretest 3 adalah 51,60 - 54,00, sedangkan rata-rata pada nilai Posttest 1 sampai dengan Posttest 3 antara nilai 56,60 - 62,4. Setelah dilakukan perlakuan nilai yang didapatkan meningkat. 2) Hasil Uji-t menunjukkan Sig.(2-tailed) sebesar 0,012 < 0,05 sehingga metode fernald membuktikan nilai yang signifikan dan berngaruh efektif terhadap kemampuan membaca anak disleksia. Dapat disimpulkan bahwa Ho tidak terdapat pengaruh atau ditolak dan Ha terdapat pengaruh atau diterima.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran Pendidikan > Minat Baca Keluarga > Keluarga - Anak |
||||||||||||
Keywords: | Metode Fernald; kemampuan membaca; disleksia | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Nadia Aulia Al Karimah | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2023 03:38 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2023 03:38 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63736 |
Actions (login required)
View Item |