This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sholihah, Azzah (2023) Pengembangan bahan ajar E-Modul Moderasi Beragama dalam bingkai toleransi pada pembelajaran PAI Kelas IX di SMP Negeri Lasem. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Azzah Sholihah_D91219104 ok.pdf Download (6MB) |
Abstract
Konflik bernuansa agama menjadi salah satu tantangan berat bagi Indonesia. Dapat dilihat berbagai fenomena dalam dua dekade terakhir, aksi pengeboman berulangkali terjadi di tanah air. Aksi tersebut berakar dari sikap dan perilaku intoleran terhadap keberagaman dan perbedaan. Sebagai upaya mengatasi persoalan tersebut, secara nasional pemerintah telah menjadikan program moderasi beragama sebagai upaya mengembangkan sikap moderat dan toleran di tengah keberagaman. Salah satu upaya dalam mencapai tujuan tersebut, Direktur PAI kemenag RI, mengupayakan program tersebut dengan proses insersi moderasi beragama dalam pembelajaran PAI, yang dilakukan dalam bentuk adaptasi modul moderasi beragama. Berdasarkan fakta tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pengembangan (R&D) dengan mengembangkan bahan ajar berupa e-modul moderasi beragama dalam bingkai toleransi. Pengembangan ini bertujuan untuk proses insersi moderasi beragama dalam pembelajaran PAI sekaligus menambah variasi dalam pembelajaran sehingga mampu membangkitkan semangat belajar siswa. Penulisan penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar e-modul moderasi dalam bingkai toleransi pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Lasem, untuk mengetahui tingkat validitas pengembangan e-modul moderasi beragama dalam bingkai toleransi pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Lasem menurut ahli materi dan ahli media, serta untuk mengetahui tingkat fleksibilitas penggunaan bahan ajar e-modul moderasi beragama dalam bingkai toleransi pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Lasem. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil validasi produk oleh ahli materi dan ahli media melalui lembar angket validasi kelayakan produk diperoleh nilai rata-rata 86,875% dengan kategori “sangat valid”, sangat baik untuk digunakan. Hasil pengisian angket respon guru dan siswa terhadap fleksibilitas penggunaan produk diperoleh nilai rata-rata 89,255% kategori “sangat fleksibel”, sangat baik untuk digunakan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Agama Akhlak Islam |
||||||||||||
Keywords: | Pengembangan bahan ajar; E-Modul; moderasi beragama; toleransi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Azzah Sholihah | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2023 02:02 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2023 02:04 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63760 |
Actions (login required)
View Item |