Implementasi integrasi agama dan sains: studi pembelajaran ayat-ayat kauniyah di SMA Trensains Pesantren Tebuireng 2 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslih, Muslih (2016) Implementasi integrasi agama dan sains: studi pembelajaran ayat-ayat kauniyah di SMA Trensains Pesantren Tebuireng 2 Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi Integrasi Agama dan Sains dalam Pembelajaran Ayat-Ayat Kauniyah di SMA TRENSAINS Pesantren Tebuireng 2 Jombang?; (2) Bagaimana Problem dan Solusi Implementasi Integrasi Agama dan Sains dalam Pembelajaran Ayat-Ayat Kauniyah di SMA TRENSAINS Pesantren Tebuireng 2 Jombang?, maka dapat disimpulkan sebagai berikut. Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini, Pertama, bahwa bentuk implementasi integrasi keilmuan di SMA TRENSAINS Pesantren Tebuireng 2 Jombang terangkum dalam sebuah gagasan “Trensains” yang menjadikan al-Qur’an sebagai basis konstruksi ilmu pengetahuan, oleh Agus Purwanto dan Salahuddin Wahid. Implementasi integrasi tersebut dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu; 1) Integrasi pada bangunan keilmuan “Sains Islam” meliputi aspek ontologis, epistemologis dan aspek aksiologis. 2) Integrasi lembaga, dan 3). Integrasi kurikulum. Kedua, Implementasi integrasi agama dan sains dalam pembelajaran ayat-ayat kauniyah terbagi dalam dua kategori, yaitu pembelajaran di kelas dan pembelajaran di luar kelas yang terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap persiapan implementasi meliputi; 1) Pengenalan konsep integrasi dan 2) Penyatuan cara pandang, dan tahap implementasi meliputi; 1). Penyusunan kurikulum integrasi Trensains (penyusunan SKL, KI dan KD khususnya pada kelompok Mata Pelajaran Kearifan Pesantren Sains (MPKPS)). 2) Proses Pembelajaran, meliputi perencanaan pembelajaran (TOT penyatuan cara pandang dan penyusunan adops-adapt dari kurikulum semesta), proses pembelajaran di kelas sebagaimana kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik dan metakognitif dan pembelajaran di Luar kelas; meliputi; kegiatan observasi dan penelitian ayat-ayat kauniyah yang dipandu konsultan ahli; kegiatan Weekend dan Mid Night (Tahajud Fisika); kegiatan matrikulasi; meliputi Arabic, English dan Fismat Camp; dan kegiatan pendukung dalam memahami interaksi agama dan sains yaitu Book Upgrading dan My Qur’an. 3) Tahap Evaluasi Pembelajaran (sebagaimana evaluasi Kurikulum 2013). Ketiga, problem yang dialami dalam pembelajaran antara lain; masih ada pandangan dikotomi di kalangan pendidik, beranekaragamnya kemampuan peserta didik, belum lengkapnya perangkat pembelajaran, sarana dana prasarana yang belum lengkap, dan terbatasnya dana. keempat, solusi yang dilakukan ketika menemui hambatan antara lain; menguatkan pemahaman konsep integrasi ilmu di semua elemen dalam bentuk buku pedoman integrasi bagi pendidik dan peserta didik, mengoptimalkan kinerja pendidik dan BK, mengefektifkan tenaga pendidik terkait perencanaan pembelajaran dengan dilakukannya diklat penyusunan perencanaan pembelajaran, mengoptimalkan penggunaan fasilitas yang ada, dan memaksimalkan peran dewan pendidikan dan komite sekolah dalam rangka menjalin kerjasama dengan stakeholder, instansi, pemerintah, ataupun masyarakat lain dalam upaya meningkatkan mutu sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslih, Muslihmuslich23@gmail.comF03213059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, DamanhariF032130592010045302
Subjects: Manajemen Pendidikan
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pesantren
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pesantren; pembelajaran; Sains
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muslich alawiy
Date Deposited: 26 May 2016 07:08
Last Modified: 17 Dec 2019 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6384

Actions (login required)

View Item View Item