This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Purwandari, Adiyanti Milenia (2023) Analisis rekonstruksi konsep bangun ruang tabung siswa SMP menurut teori APOS ditinjau dari gaya belajar VARK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Adiyanti Milenia Purwandari_D94219039 ok.pdf Download (5MB) |
Abstract
Teori APOS adalah teori yang digunakan untuk menganalisis rekonstruksi konsep matematika yang terdiri dari beberapa tahap yaitu Aksi, Proses, Objek, dan Skema. Rekonstruksi konsep yang dilakukan oleh siswa dapat dipengaruhi oleh gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rekonstruksi konsep bangun ruang tabung menurut teori APOS ditinjau dari gaya belajar visual, aural, read-write, dan kinesthtetic (VARK). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini 8 siswa kelas VIII-A UPT SMP Negeri 12 Gresik yang terdiri dari 2 siswa dengan gaya belajar visual dengan kode V1 dan V2, 2 siswa dengan gaya belajar aural dengan kode A1 dan A2, 2 siswa dengan gaya belajar read-write dengan kode R1 dan R2, dan 2 siswa dengan gaya belajar kinesthetic dengan kode R1 dan R2 yang dipilih berdasarkan hasil kuesioner gaya belajar VARK. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan wawancara. Hasil data tes rekonstruksi konsep dan wawancara dideskripsikan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa siswa dengan gaya belajar visual memenuhi semua indikator pada tahap aksi, proses, dan objek. Siswa dengan gaya belajar visual memenuhi 1 indikator tahap skema yaitu dapat mengaitkan objek-objek dan proses-proses dengan macam-macam cara. Siswa dengan gaya belajar aural belum memenuhi semua indikator pada tahap aksi dan 1 indikator pada tahap proses yaitu sampai pada pemahaman prosedural. Siswa dengan gaya belajar aural sudah memenuhi 2 indikator pada tahap objek yaitu dapat melakukan aksi pada objek dan menemukan sifat suatu konsep dan 1 indikator pada tahap skema yaitu dapat mengaitkan objek dan proses dengan berbagai cara. Siswa dengan gaya belajar read-write memenuhi indikator pada tahap aksi dan proses namun masih perlu bimbingan dari eksternal dalam menentukan rumus luas jaring-jaring tabung dengan lengkap. Siswa dengan gaya belajar read-write belum memenuhi 1 indikator pada tahap objek yaitu sampai pada pemahaman konseptual. Siswa dengan gaya belajar read-write hanya memenuhi 1 indikator pada tahap skema yaitu dapat mengaitkan aksi, proses, objek suatu konsep dengan konsep lainnya. Siswa dengan gaya belajar kinesthetic memenuhi indikator pada tahap aksi, proses, dan objek karena menggunakan sumber belajar berupa media tabung dan buku atau internet berupa tulisan. Siswa gaya belajar kinesthetic hanya memenuhi 1 indikator pada tahap skema yaitu dapat mengaitkan aksi, proses, objek suatu konsep dengan konsep lainnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika | ||||||||||||
Keywords: | Rekonstruksi konsep; teori APOS; bangun ruang tabung; gaya belajar VARK | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Adiyanti Milenia Purwandari | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2023 01:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Aug 2023 01:09 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63877 |
Actions (login required)
View Item |