This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Faadhilah, Nadiah Arisa (2023) Pengembangan media animasi interaktif berbasis project based learning (PjBL) dalam melatihkan ketrampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem ekskresi kelas VIII di SMP Negeri 22 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nadiah Arisa Faadhilah_D0A219005.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil studi awal di SMP Negeri 22 Surabaya yang masih memiliki keterampilan berpikir kreatif tergolong rendah dengan persentase 45%. Pembelajaran IPA yang dilakukan di SMP Negeri 22 Surabaya terkhusus jenjang kelas VIII belum banyak mengajarkan peserta didik untuk membuat proyek atau karya mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi interaktif berbasis PjBL pada materi sistem ekskresi manusia untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 22 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang dibatasi hingga tahap 3D (Define, Design, dan Develop). Populasi uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 22 Surabaya. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan mendapatkan kelas VIII C dengan jumlah sebanyak 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli materi dan media untuk menilai kevalidan media animasi interaktif berbasis PjBL. Nilai kepraktisan media menggunakan lembar validasi ahli praktisi pendidikan untuk menilai kepraktisan secara teoritis dan angket respon peserta didik untuk kepraktisan secara praktik. Soal Pretest dan Posttest keterampilan berpikir kreatif digunakan untuk menilai keefektifan media animasi interaktif berbasis PjBL. Hasil analisis menunjukkan bahwa media animasi interaktif berbasis PjBL telah dinyatakan ‘sangat valid’ oleh ahli materi dan media karena telah mencapai poin ketercapaian rata-rata berskor 93% unutk kevalidan materi, dan 95% untuk kevalidan media. Media animasi interaktif berbasis PjBL tergolong efektif karena rata-rata nilai tes keterampilan berpikir kreatif peserta didik menunjukkan peningkatan dari skor 85 menjadi 97,5 dengan N-gain sebesar 0,49 yang memenuhi kriteria dengan peningkatan ‘sedang’. Media animasi interaktif berbasis PjBL juga termasuk media yang praktis karena rata-rata skor oleh ahli praktisi pendidikan menunjukkan nilai 98% dan hasil angket respon peserta didik mendapat nilai 95,6% dan memenuhi iteria ‘sangat praktis’. Dengan demikian keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan media animasi interaktif berbasis PjBL tergolong meningkat dan tujuan penelitian ini tercapai.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Tes Belajar |
||||||||||||
Keywords: | Pengembangan media pembelajaran; media animasi interaktif; Project Based Learning (PjBL); keterampilan berpikir kreatif; materi sistem ekskresi manusia | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Nadiah Arisa Faadhilah | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2023 05:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Aug 2023 05:12 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63898 |
Actions (login required)
View Item |