This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Shodiq, Ahmad Ja'far (2023) Implementasi program sekolah penggerak dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di UPT SMPN 3 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ahmad Ja'far Shodiq_D91219092 ok.pdf Download (2MB) |
Abstract
Program Sekolah Penggerak merupakan upaya untuk mendorong sauan pendidikan melakukan transformasi berupa pengembangan hasil peserta didik secara holistik baik itu literasi, numerasi, dan juga karakter yang dimulai dari SDM unggul. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti erat kaitannya dengan pengembangan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa masalah diantaranya (1) Implementasi Program Sekolah Penggerak dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan dan Budi Pekerti di UPT SMPN 3 Gresik. (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Program Sekolah Penggerak dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di UPT SMPN 3 Gresik. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan atau field research dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan ini dinilai mampu menjawab rumusan masalah yang dirancang oleh peneliti. Data yang terkumpul merupakan hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara dalam teknik analisis data, terdapat tiga tahap yang dilalui oleh peneliti yaitu kondensasi data, penyajian data, dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) Implementasi Program Sekolah Penggerak dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di UPT SMPN 3 Gresik telah berjalan dengan baik. Selama penerapan tidak dapat terlepas dari lima intervensi yaitu, pendampingan konsultatif dan asimetris, penguatan SDM sekolah, pembelajaran paradigma baru, perencanaan berbasis data, dan digitalisasi sekolah. Program Sekolah Penggerak merupakan project dalam penerapan kurikulum merdeka, sehingga untuk pembelajaran semua berorientasi pada kurikulum merdeka. Mulai dari mengikuti pelatihan, menyusun modul ajar, pembelajaran berdiferensiasi, pemanfaatan teknologi, pembelajaran yang memperhatikan minat dan bakat peserta didik, metode yang beragam, dll. (2) Faktor pendukung selama Implementasi Program Sekolah Penggerak dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di UPT SMPN 3 Gresik berasal dari internal maupun eksternal. Untuk internal seperti dukungan dari guru-guru, sarana dan prasarana yang memadahi. Sementara untuk eksternal seperti dukungan dari komite, pemerintah daerah, dinas terkait. Faktor penghambat selama Implementasi Program Sekolah Penggerak dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di UPT SMPN 3 Gresik berupa kesulitan mencari referensi perangkat ajar, kondisi dan kemampuan peserta didik, dan juga intensitas pelatihan yang masih kurang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen |
||||||||||||
Keywords: | Implementasi; Program Sekolah Penggerak; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Ahmad Ja'far Shodiq | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2023 03:49 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Aug 2023 03:49 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63971 |
Actions (login required)
View Item |