This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lestari, Dyah Mumpuni Indah Palupi Asih (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap peningkatan hasil belajar matematika kelas 3 MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Dyah Mumpuni Indah Palupi Asih Lestari_D97219073.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada masalah siswa yang merasa bosan, kurang antusias dan kurang tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran matematika, dimana hal tersebut membuat hasil belajar matematikanya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas 3 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Adapun tujuan khususnya adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap peningkatan hasil belajar matematika materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah the one group pretest posttest design. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas 3 MI Badrussalam Surabaya yang terdiri 3 kelas dan sebagai sampel yaitu kelas 3B. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes yang berbentuk essay. Sebelum diberikan perlakuan, dilakukan tes awal (pretest) dan diberikan tes akhir (posttest) setelah dilaksanakan perlakuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil Pembelajaran kelas 3B sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match memperoleh nilai rata-rata sebesar 49,77. 2) Hasil Pembelajaran kelas 3B sesudah menggunakan model kooperatif tipe Make a Match terjadi peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,50. 3) Ada peningkatan pada hasil belajar Matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, hal tersebut juga dapat dibuktikan melalui hasil analisis data pada uji N-Gain, dimana kelas eksperimen berada pada peningkatan sedang sebesar 0,65, yang artinya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar mengalami peningkatan secara signifikan
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Matematika Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Keywords: | Model make a match; hasil belajar matematika; bangun datar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dyah Mumpuni Indah Palupi Asih Lestari | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Sep 2023 04:48 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Sep 2023 04:48 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64005 |
Actions (login required)
View Item |