Penggunaan media flash card untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IIIC mata pelajaran bahasa arab materi “Ar-Riyadloh” di MIN 2 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saadah, Nur Ifa Datus (2023) Penggunaan media flash card untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IIIC mata pelajaran bahasa arab materi “Ar-Riyadloh” di MIN 2 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Ifa Datus Saadah_D07218018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah kurang maksimalnya hasil belajar peserta didik kelas IIIC di MI Negeri 2 Mojokerto pada mata pelajaran bahasa arab materi ar-riyadloh. Hal ini dibuktikan dari hasil ketuntasan belajar hanya sebesar 36% yang dapat dikategorikan kurang. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi ar-riyadloh, maka peneliti mengambil perlakuan melalui media flash card yang dilakukan dalam dua siklus. Tujuan dari penelitian ini yakni : 1) untuk mengetahui penerapan media flash card dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa arab materi Ar-Riyadlah kelas IIIC di MIN 2 Mojokerto. 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa arab materi Ar-Riyadlah melalui media flash card kelas IIIC dI MIN 2 Mojokerto. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang terdiri dalam empat tahapan, yaitu: 1. Perencanaan, 2.Tindakan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IIIC MIN 2 Mojokerto dengan jumlah 25 peserta didik yang terdiri dari 9 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan media flash card pada materi Ar-Riyadlah dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IIIC MIN 2 Mojokerto berhasil berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 62,5 dan pada siklus II meningkat menjadi 81,25 serta hasil observasi aktivitas peserta didik sebesar 68,75 pada siklus I dan mengningkat menjadi 87,5 pada siklus II. 2) Peningkatan hasil belajar materi Ar-Riyadlah dalam meningkatkan hasil belajar peserta diidk kelas IIIC MIN 2 Mojokerto dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas dari siklus I yaitu 75 dan berhasil meningkat menjadi 85,6 pada siklus II. sedangkan persentase ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 56% dan meningkat pada siklus II sebesar 92%

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saadah, Nur Ifa Datusnurifa2206@gmail.comD07218018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: hasil belajar; media flash card; Ar-Riyadloh
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Ifa Datus Saadah
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:00
Last Modified: 07 Aug 2023 08:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64007

Actions (login required)

View Item View Item