This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hidayati, Dhini (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (tps) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Negeri 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Dhini Hidayati_D07219007.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Negeri I Kota Surabaya yang masih dikategorikan rendah dan belum mencapai standar minimum. Selain itu, pembelajaran matematika yang lebih didominasi oleh metode ceramah dan kurang mendapat atensi siswa. Siswa ditemukan kebingungan dalam membedakan dan melakukan penghitungan faktor dan kelipatan persekutuan suatu bilangan dan siswa masih salah dalam menentukan penyelesaian masalah dan jawaban yang dicari. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Negeri Kota Surabaya. Penelitian ini diharapkan mampu memberi kontribusi sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika melalui model peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada peserta didik kelas IV MI Negeri 1 Kota Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini adalah Pre-experimental design dan dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Jenis penelitian ini menggunakan satu kelompok yang digunakan untuk eksperimen dengan diberikan soal tes sebelum perlakuan (pretest) dan soal tes sesudah perlakuan (posttest). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar matematika siswa dan terdapat perbedaan nilai rata-rata sebelum dan setelah adanya penggunaan model pembelajaran tipe TPS dengan pembuktian nilai signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Nilai ini dapat diartikan dengan penolakan H0 dan penerimaan H1. Nilai signifikansi ini diperoleh dari perhitungan rata-rata pretest siswa sebesar 47,6 dan nilai rata-rata hasil posttest sebesar 83,6. Hasil data yang telah diperoleh menggunakan Paired Sample T-test.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Matematika |
||||||||||||
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share; hasil belajar; pembelajaran matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | DHINI HIDAYATI | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2023 07:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2023 07:12 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64019 |
Actions (login required)
View Item |