Pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas IV MI Ishlahul Ummah Pranti Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaliyah, Nur Afidatul (2023) Pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas IV MI Ishlahul Ummah Pranti Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Afidatul Amaliyah_D97219097.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran matematika di kelas IV MI Ishlahul Ummah Pranti Sidoarjo masih menggunakan metode ceramah serta kurangnya penggunaan media maupun metode dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan kurangnya ketertarikan siswa untuk mengikuti pembelajaran matematika, sehingga berakibat pada kemampuan berhitung perkalian siswa. Maka dari itu, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa kelas IV MI Ishlahul Ummah Pranti Sidoarjo. Penggunaan metode jarimatika diharapkan menjadi solusi dari permasalahan yang ditemukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui kemampuan berhitung perkalian siswa kelas IV MI Ishlahul Ummah Pranti Sidoarjo sebelum menggunakan metode jarimatika, 2) Untuk mengetahui kemampuan berhitung perkalian siswa kelas IV MI Ishlahul Ummah Pranti Sidoarjo sesudah menggunakan metode jarimatika, 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas IV MI Ishlahul Ummah Pranti Sidoarjo. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe one group pretest-posttest yaitu eksperimen yang dicoba pada satu kelompok perbandingan. Pada penelitian ini dilakukan tes sebelum perlakuan atau disebut pretest, dan tes sesudah perlakuan atau posttest . Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai rata-rata pretest sebesar 42,17, 2) Nilai rata-rata posttest sebesar 77,39, 3)Hasil Uji Paired Sample T-test pada penelitian ini mempunyai pengaruh terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa. Terlihat dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa metode jarimatika memiliki pengaruh terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa MI Ishlahul Ummah Pranti Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaliyah, Nur Afidatulnurafidatulama5@gmail.comD97219097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyo Kurniawansugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Kemampuan berhitung; bilangan cacah perkalian; metode jarimatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Afidatul Amaliyah
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:26
Last Modified: 16 Aug 2023 03:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64278

Actions (login required)

View Item View Item