This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Andriyani, Linda (2023) Analisis berpikir logis siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya berpikir sekuensial konkret dan sekuensial abstrak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Linda Andriyani_D74216096.pdf Download (5MB) |
Abstract
Salah satu kompetensi inti mata pelajaran matematika untuk jenjang pendidikan menengah kurikulum 2013 adalah siswa mampu mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret maupun ranah abstrak secara mandiri dengan menggunakan kaidah-kaidah keilmuan. Oleh sebab itu tujuan pembelajaran matematika adalah menekankan pada kemampuan berpikir yang harus dimiliki oleh siswa. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa adalah kemampuan berpikir logis. Berpikir logis adalah kemampuan berpikir seseorang dalam menarik kesimpulan berdasarkan fakta-fakta yang ada dengan argumentasi-argumentasi yang tepat pada setiap langkah pemecahan masalah hingga didapat suatu kesimpulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir logis siswa dengan gaya berpikir sekuensial konkret dan siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak dalam memecahkan masalah matematika. Subjek penelitian ini terdiri dari empat siswa, dua siswa dengan gaya berpikir sekuensial konkret dan dua siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak dari kelas VIII-A SMP Islam Insan Kamil Wonoayu tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian terdiri dari angket gaya berpikir, tes berpikir logis, serta pedoman wawancara. Hasil penelitian menujukkan bahwa kemampuan berpikir logis dalam memecahkan masalah matematika: (1) subjek dengan gaya berpikir sekuensial konkret mampu memahami masalah, mampu merencanakan penyelesaian, kurang mampu melaksanakan rencana peenyelesaian, tidak mampu menyelesaikan masalah serta memberikan argumen-argumen pada setiap langkah penyelesaian, tidak mampu mengungkapkan alasan yang logis untuk suatu jawaban akhir, tidak mampu memberi kesimpulan pada setiap langkah penyelesaian, dan tidak mampu memberikan kesimpulan akhir dengan tepat; (2) subjek dengan gaya berpikir sekuensial abstrak mampu memahami masalah, mampu merencanakan penyelesaian, mampu melaksanakan rencana peenyelesaian, mampu menyelesaikan masalah serta memberikan argumen-argumen pada setiap langkah penyelesaian, mampu mengungkapkan alasan yang logis untuk suatu jawaban akhir, mampu memberi kesimpulan pada setiap langkah penyelesaian, dan mampu memberikan kesimpulan akhir dengan tepat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran | ||||||||||||
Keywords: | Berpikir logis; pemecahan masalah matematika; sekuensial konkret; sekuensial abstrak | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Linda Andriyani | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2023 02:37 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2023 02:37 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64371 |
Actions (login required)
View Item |