This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Niswah, Favi Rohmatillahin (2023) Pengaruh dinamika lingkungan sosial terhadap pembentukan kepribadian peserta didik kelas VIIIb di UPT SMP Negeri 12 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Favi Rohmatillahin Niswah_D91219110.pdf Download (2MB) |
Abstract
Favi Rohmatillahin Niswah, D91219110. Pengaruh Dinamika Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Kepribadian Peserta Didik Kelas VIIIB Di UPT SMP Negeri 12 Gresik. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) dinamika lingkungan sosial di UPT SMP Negri 12 Gresik, 2) pembentukan kepribadian peserta didik kelas VIIIB di UPT SMP Negeri 12 Gresik, 3) pengaruh dinamika lingkungan sosial terhadap pembentukan kepribadian peserta didik di UPT SMP Negeri 12 Gresik. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Obyek dalam penelitian ini yakni peserta didik kelas VIIIB di UPT SMP Negeri 12 Gresik tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis regresi liniar sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dinamika lingkungan sosial peserta didik kelas VIIIB di UPT SMP Negri 12 Gresik berkategori baik hal tersebut terletak pada rentang nilai 79%. 2) Pembentukan kepribadian peserta didik kelas VIIIB di UPT SMP Negeri 12 Gresik berada pada kategori baik. Dapat dibuktikan dari hasil presentase indikator pembentukan kepribadian peserta didik yang diperoleh hasil 78% yang termasuk pada kategori baik. 3) terdapat pengaruh yang signifikan mengenai pengaruh dinamika lingkungan sosial terhadap pembentukan kepribadian peserta didik kelas VIIIB di UPT SMP Negeri 12 Gresik. Dapat dibuktikan dengan hasil uji regresi linir sederhana bahwa t hitung sebesar (6,185) > t tabel (1,701). Karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dan dari tabel coefficients pula diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel dinamika lingkungan sosial (X) berpengaruh terhadap pembentukan keprbadian peserta didik (Y).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Anak Kepribadian Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Dinamika lingkungan sosial; kepribadian; pendidikan menengah dasar; anak didik | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Favirohmatillahin Niswah | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2023 03:05 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2023 03:05 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64410 |
Actions (login required)
View Item |